Monday, September 27, 2010

Anggarkan Litbang Rp. 25T, Selamat Ultah Google!

Berikut adalah video Google Doodle, logo HUT Google ke-12 yang jatuh pada hari ini, 27 September 2010:









CC, Lukisan Wayne Thiebaud
Karya Thiebaud Dipergunakan dalam
Logo HUT Google ke-12
(Klik gambar untuk melihat
tentang Thiebaud di Wikipedia)
Di tengah-tengah kesinisan orang tentang kemampuan perguruan tinggi menjawab tantangan industri, Google adalah bukti bahwa pendidikan formal masih relevan dengan dunia nyata.

Sebabnya sederhana saja, Larry Page (lahir 1973) dan dan Larry Brin (juga lahir pada 1973) keduanya berpendidikan strata tiga (doktoral). Sebetulnya, hingga akhir 2009, Larry Brin masih berupaya menyelesaikan studi doktoralnya alias sedang cuti.

Pada 1995, duo tadi membangun usaha dengan konsep serba gratis, Google sepenuhnya mengandalkan iklan-iklan kecil (AdSense) untuk menghidupi perusahaan mereka. Google  memang hidup bukan dari ide-ide korporat besar yang tertutup namun sumbangan pikiran orang banyak. Baru tahun 1998, perusahaan ini resmi berjalan, dengan modal sebesar hanya US$ 100 ribu dari investor Andy Bechtolsheim.

Pemikiran brilian mereka tampung dengan konsep open source/sumber terbuka, sehingga membuat para insinyur teknik informatika dari seluruh dunia tetap bisa berpartisipasi dalam pembangunan piranti lunak yang mereka kembangkan. Semua ide tersebut ditata semacam arisan programming inovasi, sesuai dengan tema proyek yang Google tentukan.

Google Chrome dan Android mobile phone adalah dua tema proyek mereka yang sekarang disebut-sebut paling populer. Tengah melebarkan konsep integrasi ke Google TV, mereka baru saja menampung ratusan ribu ide kerja dari seluruh dunia, melalui kegiatan Project 10100.

Sekiranya pernah melihat isi Aturan Penggunaan, Anda akan mengetahui bahwa segala isi pikiran yang dituangkan oleh pengguna Google akan mereka kumpulkan untuk keperluan mereka sendiri, termasuk menginovasi cara pencarian. Dengan demikian, seluruh cabang proyeknya bisa memberikan layanan iklan yang semakin fleksibel, tepat mengikuti keinginan klien pemasang pariwara.

Tentu saja Google memiliki unit pengembangnya sendiri. Pada 2009, mereka memperkerjakan 7.443 peneliti dan perekayasa, dan mengeluarkan dana sebesar US$ 2.843.027.000,- atau sekitar Rp. 25.445.091.650.000,- lebih dari Rp. 25 triliun rupiah.

Kuatnya manajemen dana riset dan keterbukaan, keduanya adalah kunci kekayaan inovasi Google. Selamat Ulang Tahun Google! :?)