Wednesday, September 8, 2010

Besarnya Dana Riset iPod Shuffle, Touch, dan Nano

Orang Jepang yang sangat mencintai produk dalam negeri, ternyata tak malu mengakui punya pengetahuan bagus nya mengenai iPad dan iPhone. Produk Apple memang menonjol dalam eksploitasi kreativitas dan teknologi, ini yang menyebabkan perusahaan tersebut tidak pelit untuk urusan penelitian dan pengembangan

Di laporan keuangannya, Apple mengakui pada kuartal ketiga 2010 telah menaikkan dana riset sebanyak 36% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Secara riil anggaran Apple sudah menggelontorkan dana sebanyak US$ 1,3 milyar (atau sekitar 11,7 triliun rupiah) selama sembilan bulan di tahun 2010.

Dengan modal penelitian begitu banyak, Apple berhasil unggul dalam menciptakan produk inovasi. Masih di laporan keuangannya, secara terang-terangan, Apple mengakui percaya bahwa litbang punya kedudukan setaraf dengan marketing dan periklanan untuk berkompetisi dan berkembang.

Sebetulnya bukan hanya Apple yang royal dengan litbang. Menurut seekingalpha.com, situs yang khusus mendalami opini pasar modal, Microsoft menggelar dana sebanyak US$ 31 milyar untuk riset selama periode 2006 hingga 2009. Sedang dalam rentang waktu sama, Intel menghabiskan  uang sebanyak US$23 milyar.

Nah, selama menikmati rangkaian photo iPod ShuffleTouch, dan Nano terbaru karya Xeni Jardin ini, silahkan mengingat bahwa dibelakang produk elegan Apple, ada dana riset raksaksa di belakangnya. Seri produk ini diluncurkan pada awal September 2010. :?)

iPod Touch
Sumber: boingboing.net


iPod Shuffle
Sumber: boingboing.net


iPod Nano
Sumber: boingboing.net