Saturday, September 11, 2010

Durian Yang Kontroversial

Orang barat sudah mengenalnya selama 600 tahun, namun tetap saja mereka merasa asing terhadap durian -- padahal buah ini disebut sebagai "Rajanya Buah".

Sebagian orang sangat mencintai buah ini. Misalnya anggota Parlemen Malaysia, Sibuti Ahmad Lai Bujang, yang pertengahan tahun ini sampai jatuh sakit setelah ikut dalam pesta durian para dewan. Pasalnya? Terlalu banyak makan durian.

Di Philipina, bahkan ada rumor yang mengatakan durian bisa menyebuhkan demam berdarah. Pastinya, buah ini banyak mengandung vitamin C, lemak, dan potassium. Bahkan kulit durian dikabarkan bisa menjadi bahan kosmetik karena dapat memperkuat dan melembabkan kulit.

Buah durian menjadi kontroversial karena baunya. Karena aromanya yang menyengat inilah di rangkaian kendaraan kota Singapura, aturan menyebutkan merokok, membawa barang mudah terbakar, atau sekedar makan dan minum akan mendapatkan ganjaran denda yang cukup berat.

Namun pemerintah Singapura tidak bisa menetapkan aturan denda bagi penumpang yang membawa durian di MRT. Barangkali karena suara mereka terpecah, antara penyuka dan yang anti (bau) durian?

Akibat Pertentangan Antar Pengambil Keputusan Tentang Durian?
Larangan di MRT Singapura:
http://en.wikipedia.org/wiki/Durian

Suka atau tidak, kita tidak akan memberi nama Durian pada seorang bayi. Wow, ternyata ada orang yang punya nama Durian! :?)