Sunday, September 26, 2010

Google dalam Bahasa Bork, Bork, Bork!

Selain dalam Bahasa Indonesia, Google menawarkan pengaturan pencarian dalam Bahasa Bork. Mudah-mudahan Anda tak cepat merasa bersalah jika tak pernah mendengar Bahasa Bork sebelumnya.

Bork adalah bahasa yang hanya ada dalam fiksi. Sengaja dibuat dalam sebuah program TV legendaris asal Inggris, the Muppet Show, acara pendidikan anak penuh parodi yang melahirkan karakter terkenal Kermit Sang Katak.

CC, The Chef dalam Musium
(Klik foto untuk melihat
laman aslinya)
Bahasa Bork memang plesetan dari Bahasa Inggris, menghidupkan karakter boneka sang Juru Masak yang berasal dari Swedia. Kalau bicara, Juru Masak terdengar hanya seperti seorang sedang kumur-kumur mengucapan kalimat dalam Bahasa Inggris (fonetik), namun yang terdengar cuma "bork, bork, bork!". Ini karena logat Swedia-nya.

Si Juru Masak gemar mengambil menu masakan hewani, namun tak pernah sekalipun sukses mengolah satu jenis masakan pun. Katak-- kebetulan dia adalah kemenakan Kermit, burung kalkun, bahkan Big Bird. Semua melawan saat hendak dimasak atau malah membuat hati Juru Masak luluh.

Di video berikut, sang Juru Masak lagi-lagi gagal waktu mencoba mengolah jagung berondong dan udang. Di akhir tayangan, dua tokoh kakek mencoba menuliskan transkip fenotik perkataanya.

Rupanya para insinyur Google sangat terkesan dengan bahasa Bork yang mereka tonton di acara Muppet Show waktu kecil dulu. Buktinya, mereka menciptakan pengaturan dalam bahasa aneh itu.

Apa yang terjadi kalau para insinyur TI suka dengan Si Unyil, ya? :?)