Saturday, September 11, 2010

Google Instant, Sensasi Mencari Lebih Cepat

Di akhir tahun 1990-an, nama Google sudah mulai masuk ke Indonesia. Walaupun kecepatan transmisi waktu itu masih lélét, kita dibuat kagum dengan waktu melihat laporan ukuran waktu orde seperseratus detik yang diperlukan Google untuk menghasilkan setiap pencarian kata.

Google saat ini hanya memerlukan waktu 0.07 detik buat mengumpulkan sekitar 239 juta hasil pencarian kata "Indonesia". Namun catatan itu belum cukup bagus buat Google.

Sekarang, situs tersibuk di dunia ini menyempurnakan kecepatan dan kenyamanan pencarian dengan "Google Instant". Metode pemercepatnya? Dengan cara memberikan hasil yang berubah-ubah sesuai dengan kecepatan pengetikkan Anda. Menurut Google, dampak pertambahan kecepatan adalah mengurangi konsumsi waktu sebanyak 2-5 detik.

Sayangnya, kedahsyatan efek "Google Instant" belum bisa dicoba lewat google.co.id, yang dipasang untuk pencarian di Indonesia. Namun Anda bisa merasakan sensasi baru pemercepatan lewat cache (penyimpannya) google.com lewat sini.

Menggunakan Bahasa Di Luar Bahasa Inggris,
Juga Bisa Merasakan Efek Google Instant
(Screenshot tanpa resolusi lebih besar. 
Di situ, kata yang dicari adalah "Amir Faisal" dalam tulisan Arab)


Kalau masih tidak bisa juga memasuki google.com, paling tidak Anda bisa menikmati dulu interprestasi rocker Bob Dylan atas kecepatan pencarian "Google Instant" lewat video berikut:









 :?)