Friday, September 10, 2010

Hak Kekayaan Intelektual, Mbah Surip dan Kartu Ucapan Kita di Facebook

Kreativitas masyarakat Indonesia di Facebook sangat luar biasa. Banyak sekali yang membuat dan menyebarkan desain kartu lebarannya sendiri, seperti ini:


Screenshot Sebuah Gambar Kartu Ucapan di Facebook
(Tidak Ada Gambar dengan Resolusi Lebih Tinggi)

Namun, siapa sebetulnya pemilik gambar atau foto yang sudah diunggah di Facebook? Kita bisa saja berasumsi bahwa foto para pemilik foto akan tetap memiliki hak kekayaan intelektual, tapi ternyata "Ketentuan Penggunaan Facebook" menyatakan sebaliknya.

Bunyi ketentuan yang sudah kita setujui sebelum mengirimkan gambar dan foto, kurang lebih adalah sebagai berikut:

    Anda memiliki semua konten dan informasi yang Anda unggah di Facebook, Anda dapat mengendalikan bagaimananya dibagikan menurut pengaturan pribadi Anda. Sebagai tambahan::
  1. Untuk konten yang dilindungi oleh hak kekayaan intelektual, seperti foto dan video ("bermuatan Hak Kekayaan Intelektual/HKI"), Anda secara khusus memberikan izin berikut, bagaimanapun cara Anda mengatur hak pribadi dan aplikasinya: Anda akan memberikan kami hak non-ekslusif, dapat dipindahtangankan, dapat dilisensikan, bebas royalti, lisensi di seluruh dunia untuk menggunakan konten apapun HKI yang Anda unggah di Facebook ("Lisensi HKI"). Lisensi HKI ini ini berakhir ketika Anda menghapus isi muatan HKI atau akun Anda, kecuali bila konten  Anda telah berbagi dengan orang lain, dan mereka belum dihapus.

Masih ingat kasus Mbah Surip yang kehilangan kendali royalti atas HKI-nya? Jadi, jangan taruh foto atau gambar berharga di Facebook, karena mereka yang nantinya bisa menguasai hak cipta atas seluruh materi itu.

Pelajari seluruh hak Anda dengan baik, sebelum menggunakan layanan berbasis internet. :?)