Wednesday, September 15, 2010

Manajer Ilmu Pengetahuan Alam, Pekerjaan Bergaji Besar!

Posisi manajemen tak bisa selalu bicara akuntansi. Manajemen pun sekarang punya kebutuhan tinggi bagi bidang ilmu pengetahuan dan teknik, terutama agar perusahaan-perusahaan bisa memaksimum dana riset mereeka (misalnya HTC - Taiwan yang punya proposi anggarannya besar luar biasa!).

Saking vitalnya, manajer sains punya gaji termasuk paling besar dibanding profesi lainnya. Upah rata-rata tahunan manajer ilmu pengetahuan di Amerika pada tahun 2008 adalah sekitar US$ 113.300, saat gaji rata-rata di sana adalah sejumlah US$50,233. Lebih dua kali lipat rata-rata!

Manajer bidang ini punya pekerjaan mengawasi pekerjaan ilmuwan lain, seperti ilmuwan pertanian, kimia, biologi, dan geologi. Bila tak membangun bisnis sendiri, mereka biasanya bekerja di bidang riset dan pengembangan berbagai lembaga, di perusahaan di farmasi, lingkungan, atau organisasi kota. Mereka juga bisa dipanggil sebagai saksi ahli di dalam pengadilan.

Syarat pemangku profesi ini? Seperti manajer umumnya, selain berpendidikan perguruan tinggi, mereka wajib menyukai bidang pemasaran, penjualan dan keuangan. Mereka juga wajib pandai berkomunikasi, suka berpresentasi, senang meyakinkan orang akan konsep-konsep canggih.

Di Indonesia, Sekolah Bisnis Manajemen, Institut Teknologi Bandung punya program pasca sarjana untuk mendidik orang menjadi seorang manajer ilmu pengetahuan. Gelar yang diberikan: MSM.

Enaknya, bisa mengatur para ilmuwan dan dapat gaji besar...

(Dari Dyaning. Thanks, Dee!) :?)