Sunday, September 19, 2010

OMG! Jumlah Orang Miskin Amerika Lebih Banyak Dibanding Indonesia

cia.gov, Data Kemiskinan Indonesia di Situs CIA - Akses 19 September 2010
(Klik gambar untuk melihat data tersebut di situs CIA)



Pemerintah Amerika Serikat, CIA World Fact Book, boleh saja hingga hari ini (19 September 2009) tak memperbaharui siaran mereka tentang angka kemiskinan Indonesia yang sebanyak 17.8% -- nilai tersebut adalah fakta tahun 2006. Namun, kita perlu prihatin dengan Amerika Serikat yang sekarang sedang susah dengan kemiskinan yang merajalela di sana.

CC, Foto Kemiskinan di Amerika (2009)
(Klik foto untuk melihat sumbernya)
Situs BPS sendiri mengatakan jumlah masyarakat miskin di Indonesia pada Maret 2009 mencapai 32, 53 juta orang. Dan situs Badan Sensus Amerika Serikat melaporkan bahwa sekarang ada 43,6 juta orang warga mereka yang hidup di dalam cengkraman kemiskinan, bertambah sebanyak 3,7 juta orang dari laporan tahun sebelumnya.

Lebih dari seperlima anak-anak Amerika sekarang hidup di bawah garis kemiskinan. Kabarnya jumlah total anak miskin Amerika akan merambat terus hingga 2011, dan banyak orang tua menunda pensiun untuk menghindari kondisi ekonomi lebih buruk.

Kondisi ekonomi yang carut-marut membuat para politikus juga meminta agar kontrak kerja luar negeri ditinjau ulang, termasuk dalam kebiasaan swasta melakukan outsourcing pengembangan teknologi informatika ke India. Inovasi, harus lebih jadi tanggungjawab dalam negeri, dan tak bisa dialirkan ke luar negeri demi alasan ekonomis.

Yang menarik, pertengahan tahun lalu Joseph Stiglitz  -- salah satu ekonom paling kesohor saat ini -- meminta agar Amerika turut belajar dari kasus Indonesia dan negara berkembang lainnya dalam mengatasi masalah resesi. Yaitu, agar pemerintah tetap membuka banyak keran pembiayaan umum, demi melancarkan proyek-proyek pembangunan untuk meningkatkan denyut ekonomi Amerika yang tengah hampir pingsan.


(Dari Kakak, www.facebook.com/cantikselamanyaThanks, Kak... and happy birthday!) :?)