Tuesday, September 14, 2010

Politikus Pernah Tak Percaya Manfaat Motor Listrik

Melanjutkan kerja fisikawan generasi sebelumnya, Michael Faraday membangun motor listrik pada tahun 1821. Ia baru menciptakan sebuah generator versi awal satu dekade kemudian.

Dunia harus menunggu 50 tahun berlalu sebelum teknologi kelistrikan berkembang. Barangkali kita harus disalahkan adalah para politikus waktu itu, yang tak percaya pada teknologi dan ilmu pengetahuan.

Konon, saat itu Farady mendemonstrasikan idenya di depan kalangan politikus, termasuk perdana menteri. Waktu ditanya apa manfaatnya, Faraday menjawab "nanti Anda bisa mengambil pajak darinya."

Pertengahan 1850-an, sebetulnya Faraday mencoba pengetahuannya beberapa kali, termasuk dengan membangun mercu suar dan sinyal telegraf. Baru tahun 1880-an, daya listrik dipergunakan secara luas.

Tidak heran perusahaan-perusahaan besar seperti THC, Apple, dan Microsoft menginvestasikan dana besar-besaran demi bisa mempercepat investasi teknologi punya nilai komersil. Tidak seperti para politikus di era Faraday, inovator besar tahu nilai komersial ilmu pengetahuan dan teknologi.








Pada awal 1800-an, fisikawan Michael Faraday menemukan perangkat pertama untuk mengubah energi listrik menjadi gerakan mekanis. Video ini menampilkan versi sederhana dari motor yang dibangun Faraday. Medan magnet mampu mendorong sebuah medan magnet hingga berdiri, dan arus listrik melalui sekrup "mendirikan" sebuah medan elektromagnetik yang terpisah sekitar sekrup. Kedua bidang bereaksi dan hasilnya adalah rotasi.


 :?)