Wednesday, September 8, 2010

Simpanse Pun Bisa Melawan Godaan

Berikut adalah video tentang simpanse yang "mengingatkan" manusia, bahwa godaan seringkali harus dilawan, demi bisa mendapat hasil lebih besar.








Video ini mengenai kegiatan para peneliti dari Pusat Bahasa Universitas Negeri Georgia. Para peneliti menemukan  bahwa ketika mereka memberikan iming-iming penganan, ternyata seekor simpanse mampu menahan godaan demi bisa mendapat bonus makanan lebih banyak.

Terkenal cerdas, simpanse tidak hanya dapat merencanakan memberikan tindakan yang tepat, namun juga bisa menjaga sikap. Simpanse tahu menahan diri kadang perlu demi mendapatkan imbalan layak.

Simpanse itu bermain dengan majalah, sikat gigi, atau apapun yang bisa ditemuinya demi mengalihkan perhatian diri agar tak cepat-cepat bertindak. Ia melakukan hal ini kala mengetahui bahwa bila menunggu lebih lama maka hasilnya adalah mendapatkan sejumlah hadiah permen lebih banyak.

Seperti manusia, simpanse pun bisa berhitung, punya cukup akal untuk mengerjakan aritmatika sederhana. Juga seperti manusia, simpanse pandai menjaga sikap, tahu menghitung dampak suatu tindakan bagi kebaikan dirinya sendiri.

Bila kita biasa mengumpat "dasar binatang!" untuk memaki orang yang bersikap sembrono, ternyata Anda bisa melihat bahwa sebetulnya tak semua perilaku hewan bersifat impulsif ya? Sembrono, bukanlah sikap mahluk berakal.

Masak, kalah sama binatang? :?)