Sunday, September 5, 2010

Tak Bisa Bedakan iPad dan iPhone? Orang Jepang Bisa...

CC, iPhone
NTT Jepang bisa saja jadi perusahaan pertama di dunia yang menghadirkan saluran komunikasi komersial seluler pertama lebih dari tiga puluh tahun lalu, tapi itu tak lantas menyebabkan masyarakat Negeri Sakura mudah paham istilah teknologi informatika.

Nyatanya, lebih dari lebih dari 80% masyarakat sana mengakui bahwa istilah informatika tak serta-merta mudah dicerna. Malah, 67,2% warga terang-terangan mengakui kalau terminologi teknologi informasi (TI) bukan hal yang gampang dipahami.

Hal tersebut diketahui melalui survei yang dilakukan oleh lembaga Goo Research. Lembaga ini meneliti 1077 orang Jepang, tentang bagaimana mereka menyerap istilah-istilah TI. Hasil yang menarik adalah hampir separuh peserta mau mengakui mengenal istilah iPad dan iPhone.
CC, iPad

Pengakuan ini bukanlah hal sederhana, kalau kita mengingat bahwa orang Jepang yang punya budaya sopan-santun sangat kuat, cenderung merasa pantang untuk mengakui segala kelebihannya. Jadi, bila mereka mau mengaku tahu, hal tersebut bisa berindikasi bahwa orang Jepang menanganggap sebagai hal lumrah (baca: membumi).

Survei ini penting untuk dilakukan bagi para perusahaan yang bergantung pada konsumen IT, terutama mengingat pertumbuhan teknologi ini sangat cepat. Bila suatu produk berhasil dikenal, artinya adalah sama dengan meraih pengakuan rasa terkesan konsumen atas kehadirannya.

Kalau Anda, sebelum membaca artikel ini, tahukah bedanya iPad dan iPhone? :?)