Thursday, September 23, 2010

Texai, Mesin Pengendali Kehadiran Jarak Jauh

Youtube, Texai Montange
(Klik gambar untuk melihat videonya)

Tak jauh dari sekarang, biarpun bekerja dari rumah kita masih bisa jalan sambil mengobrol dengan teman kerja atau berinteraksi dengan rekan secara fisik di kantor.
Ini berkat Texai, kendali fisik jarak jauh yang sedang disempurnakan oleh Willow Garage.

Texai bukan robot, mesin yang bekerja secara otomatis. Sebaliknya, alat ini sepenuhnya dikendalikan seorang pengguna dari jarak jauh agar alat itu menjadi "wajah",  "suara", dan "telinga" bagi dirinya.

Lewat mikrofon dan kamera, si pengendali dari kejauhan dapat secara langsung mendengar dan melihat keadaan di sekitar Texai, sehingga dia pun merasa seolah sedang berada di ruangan tersebut. Berkat Texai, orang lain bisa tetap merasakan kehadiran temannya secara fisik, biarpun sebetulnya satu sama lain sedang berjauhan.

Tak harus membayar untuk membeli Texai, karena Willow Garage membagikan panduan pembuatannya secara gratis. Anda dipersilahkan membuat alat ini secara mandiri.

Alat ini tengah diujicobakan di perusahaan Mozilla yang berada di California, Amerika Serikat. Simak saja video ini untuk melihat bagaimana Texai membantu pegawai Mozilla bekerja dari jarak jauh. :?)