Friday, September 24, 2010

"Transfer Kepribadian Spontan", Tukang Tuduh Bakal Dituduh

CC. Hobi Nuduh? Tuduh yang Baik Aja
(Tangan, www.larryodean.com, Wajah, www.uni-regensburg.de)


Prof. DR. John J. Skowronski punya penelitian unik. Ia mengungkapkan fenomena penggosip yang sering malah mendapat tuduhan berbalik. Penggunjing tak jarang malah mendapat impresi sebagai pelaku perkara buruk yang sesungguhnya: dia akan dianggap punya kelakuan tak ubahnya seperti si korban rumornya.

Ini misalnya terjadi pada politikus yang menggembar-gemborkan isu buruk bagi lawan politiknya di televisi. Hampir pasti, si politikus tadi justru akan mendapat cibiran sebagai orang munafik dari masyarakat luas -- publik akan menganggap ia sebetulnya punya kelakukan sama buruknya.

Fenomena ini juga yang menjadi penyebab seringnya artis, pengacara, atau figur terkenal gagal merebut hati masyarakat kala mengadakan jumpa pers bila hanya untuk menuding orang lain pada satu perkara. Masyarakat tidak akan cepat bersimpati, sebaliknya akan menaruh curiga bahwa seleb tersebut sebetulnya sebagai pribadi setali tiga uang, sama buruknya.

Dari hasil penelitian mereka, Prof. Skowronski dan rekan-rekan sesama periset psikologi, melaporkan menemukan fenomena psikologis unik yang dinamakan Transfer Kepribadian Spontan. Tim peneliti itu menyimpulkan bahwa lepas dari benar atau salahnya isi suatu cerita yang sedang dibicarakan, para pendengar berita miring secara tak sadar akan beralih melekatkan kepribadian buruk "pelaku sesungguhnya" sebagai bagian kepribadian sumber gosip itu sendiri.

Makin sering gosip miring itu diulang, makin cepat kecurigaan itu muncul. Ini namanya senjata makan tuan buat yang suka bergunjing.

Fenomena temuan Prof. Skowronski ini menyiratkan suatu saran penting. Bila seseorang gemar membicarakan hal-hal baik tentang orang lain, maka pendengarnya bisa menaruh impresi bahwa ia pun sebetulnya punya kualitas kebaikan yang ia bicarakan.

Ayo, obrolkan kepintaran, ketangguhan, keramahan, ketegasan, kerapihan, keterampilan, kesetiaan, kesabaran, segala kemampuan positif orang lain. Buat apa sebar rumor kalau cuma bakal terima gosip?