Wednesday, September 22, 2010

Twitter Kelola Kekayaan Terbesar Indonesia

Screenshot, Kebijakan Privasi Twitter (Akses 21 September 2010)
(Klik gambar untuk membuka pranala)


Selain kekayaan alam, kekuatan terbesar Indonesia ada di sejumlah 237.556.363 isi kepala penduduknya. Dan Twitter, sedang menambangnya secara besar-besaran, setiap hari.

Akun Twitter di Indonesia adalah sekitar seperlima dari seluruh pengguna internet di negeri ini. Kalau membaca Kebijakan Privasi, maka Anda akan melihat bagaimana Twitter mengakui mencatat semua ide dalam tweets jutaan orang Indonesia tersebut, melalui paragraf ini:

    "Data Log: Server kami secara otomatis merekam informasi ("Data Log") yang dibuat dengan penggunaan Layanan. Data Log mungkin mencakup informasi seperti alamat IP, jenis peramban, domain perujuk, laman yang dikunjungi, dan istilah penelusuran. Tindakan lainnya, seperti interaksi dengan iklan, mungkin juga dicakup dalam Data Log".

"Istilah penelusuran" maksudnya adalah isi tweet Anda. Dengan data-data tadi, Twitter dapat terus-menerus mereviu isi pikiran setiap penggunanya yang di-tweet -- seperti tempat makan favorit, tempat yang ingin dikunjungi, atau bahkan opini tentang para penguasa.

Seluruh informasi yang dikeruk ini sangat berharga, karena isinya acapkali dibagikan hanya kepada teman dan sahabat. Bayangkan, betapa sulitnya mengumpulkan pendapat dan ide spontan ratusan juta orang sekaligus.

CC, Evan Williams
Mahasiswa Dropped-Out
Pendiri blogger.com dan Tweeter
(Klik foto untuk membaca tentang Williams
di Wikipedia)
Jutaan tweets yang ditimbun oleh Tweeter dapat menjadi rujukan bagi perusahaan atau lembaga-lembaga tertentu untuk menciptakan strategi komunikasi paling tajam dan mengikuti selera massa. Itu sebabnya, kabarnya Google dan Microsoft kabarnya rela membayar Tweeter masing-masing sebesar 15 juta dollar dan 10 juta dollar, karena sebetulnya demi modal tersebut adalah demi mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar lagi.

Simak juga jenis usaha perusahaan rekanan yang jadi pilihan Tweeter, Converseon. Perusahaan ini berhak mendapat hak akses ke seluruh data tweet. Bisa ditebak, Converson adalah sebuah perusahaan konsultan media yang secara canggih mengkombinasikan teknologi dan keahlian komunikasi konvensional.

Ide adalah modal paling berharga. Jadi perhatikan untuk jangan men-tweet ide Anda yang paling cemerlang. Karena selain teman, sebetulnya ada orang lain yang sedang mencatat ide Anda. :?)






BTW: Nilai 237.556.363 tadi adalah jumlah penduduk Indonesia hasil Survei BPS tahun 2010. Lihat datanya di sini (PDF).