Friday, September 24, 2010

(Video) Protes Kekejaman Hewan, Gadis 17 Tahun Dilaso dan Diseret Kuda

Biarpun terlihat mengejutkan, tanpa membaca teks judul artikel di atas, belum tentu Anda tertarik waktu menonton video tersebut. Youtube menampilkan contoh gambar adegan video ini dengan hanya berisikan pemandangan sekumpulan pengendara kuda di sebuah lapangan.

CC, Youtube: Kumpulan Video Tak Menarik Tanpa Teks
Software Theo Gevers Bisa "Menonton" Video
(Klik gambar untuk melihatnya di situs youtube)
Itulah sebabnya Theo Gevers dari Universitas Amsterdam mendapat banyak kredit atas upayanya mengembangkan piranti lunak untuk memungkinkan orang mencari informasi dari kumpulan video yang tak memiliki keterangan teks.

Berkat riset Theo, tidak lama lagi orang bisa seenaknya mencari suatu video yang menampung gambar tertentu. Semua dilakukan secara otomatis tanpa perlu mengecek keterangan manual video yang belum tentu memuat informasi secara detil. Piranti lunak Theo "menonton" gambar dan mencatat segala keterangan secara otomatis.

Kemungkinannya, orang juga tak lagi bisa menyangkal kalau ia menyimpan suatu video terlarang. Karena software Theo bisa melihatnya.

Kembali ke video di bawah. Gadis tersebut memprotes kekejaman ajang rodeo di Chile, pada 19 September 2010. Ia malah mendapat perlakuan seperti binatang, karena dilaso dan diseret oleh pengendara kuda oleh para cowboy yang ada di lapangan.

Gadis berusia 17 tahun itu bernama Constance, ia mengatakan kepada stasiun televisi bahwa pengalaman tersebut adalah salah satu yang paling traumatis dalam hidupnya. Beritanya dimuat di situs Chile, www.emol.com (baca dalam bahasa Indonesia).