Thursday, October 7, 2010

Buat Sendiri Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Screenshot, Situs PT. Bumi Energi Equatorial
Produsen Kincir Angin untuk Pembangkit Listrik dan Pompa Air
(Klik gambar untuk melihat situsnya)



CC, Klik gambar untuk
mengunduh buku
PMG Manual, panduan
membuat PLTB
(PDF, Bahasa Inggris)
Ingin mencari hobi keren? Bagaimana kalau membuat pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) saja?

Indonesia punya lebih dari 80 ribu kilometer pantai, yang tentu memiliki angin sepoi-sepoi. Dari situ saja, kita bisa mencium betapa bernilainya teknologi pembangkit listrik tenaga bayu ini buat negara kita.

Misalnya lewat situs PT. Bumi Energi Equatorial. Lewat laman internet perusahaan produsen PLTB milik orang Indonesia ini, kita bisa melihat kerennya pemakaian angin sebagai sumber energi listrik di seluruh pelosok negeri.

Memang, tak semua daerah di Indonesia yang menikmati angin kencang sepanjang tahun. Baru-baru ini, GE dan BPPT bekerjasama untuk mensurvei kondisi peranginan di Indonesia, sehingga bisa membangun PLTB secara optimum.

Untuk para amatir, ada banyak informasi membuat PLTB di rumah beredar di internet. Sayangnya, boleh dibilang sampai sekarang semua informasi macam itu hanya ada dalam Bahasa Inggris.

Di situs instructables.com, mereka menyediakan informasi bergambar cara bertahap membuat turbin angin untuk membangkitkan listrik berdaya 1000 watt. Dan lewat video di bawah, kita bisa menonton bagaimana PLTB buatan sendiri, dengan daya 1000 watt, dibuat di Jamaika.

Tertantang? Kalau sudah berhasil, kasih tahu bagaimana membuatnya, ya? :?)