Tuesday, October 5, 2010

Inovasi Para Penguji Permainan

World Cyber Games 2010 Final - Counter Strike 1.6




Screenshot, Situs Nusantara Online
Game dengan Topik Nusantara
(Klik gambar untuk melihat situs)
"To make things better", membuat segala sesuatu lebih baik adalah ide terbesar dalam inovasi. Inovasi teknologi mempercepat pertumbuhan, produktivitas, dan akhirnya akan mempertinggi standar kehidupan.

Jika tak ingin kalah bersaing, seluruh masyarakat harus terus mendayagunakan produk teknologi paling terkini, dan mau mencari cara kerja baru. Inovasi teknologi memang senantiasa membuat orang harus rela meninggalkan cara kerja lama, meski sering tak mudah.

Inovasi membutuhkan proses belajar oleh semua pihak, mereka yang kurang mendapat pendidikan dan pelatihan rentan mengalami kehilangan pekerjaan. Di sisi lain, para inovator yang tak memperhatikan cara mendidik para pekerjanya dan pengguna produknya juga akan mengalami kekalahan dalam persaingan.

Industri game Indonesia yang bersaing ketat dengan kompetitor luar negeri, juga bersandar pada kemampuan inovasi para pekerjanya. Kebutuhan sanggup bersaing ini, melahirkan satu jenis pekerjaan baru di Indonesia: game tester atau penguji permainan.

Gameloft misalnya, baru-baru ini membuka 250 lowongan game tester di Yogyakarta. Produsen game dalam negeri, Nusantara Online, juga dikabarkan membuka lowongan kerja untuk para penguji keamanan game mereka dengan tawaran gaji yang menarik.


Game tester berfungi menjaga kualitas produksi piranti lunak permainan, penting untuk menguasai pasar yang sangat berpotensial. Pada 2010 ini, industri game menanjak 57% dibanding tahun lalu, dengan total penjualan global  diperkirakan mencapai sekitar Rp 15 triliun hingga bulan Maret saja.

Para pelaku profesi ini selain wajib mencintai segala jenis permainan elektronis, juga harus mampu memperhatikan detil kemulusan dan menuliskan dokumentasi kesalahan sebuah game yang masih dalam tahap pengembangan. Tanpa dokumentasi yang mendetail, tentu perusahaan tak bisa membuat produk game mereka menjadi lebih baik alias bernilai inovatif. :?)