Saturday, October 2, 2010

Jepang Tak Lagi Ambisius







Klik foto untuk melihat video
"Kuroshio Sea -
2nd largest aquarium tank in the world"
Suatu komposisi yang bagus akan menggemakan nyanyian hati berlipat kali ganda kerasnya. Lagu yang menjadi latar video di atas laksana menguatkan kemunduran jiwa rakyat di negara tempat gambar diambil.

Negara itu adalah Jepang.

Dulu, negara ini seakan tak kenal ambisi lain selain menduduki posisi tertinggi, menjadi teladan terbaik bagi saudara-saudara mereka di seluruh Asia. Biarpun bisa mempertahankan taraf hidup yang sangat tinggi, sebetulnya dunia menganggap mereka selama hampir lebih dua dasawarsa ini tengah mengalami kelumpuhan semangat.

Jumlah penduduk muda yang semakin menurun, kondisi politik tak pernah lama memberikan rasa kepastian. Bahkan dua negara tetangga Asia Timur -- China dan Korsel -- sudah berdiri di ambang pintu untuk menggusur posisi Jepang sama sekali dari peta-peta industri yang puluhan tahun menjadi andalan.

Jepang sekarang seperti sedang jenuh, tak lagi ingin menjadi nomor satu. Dan kata "second" (kedua) yang dipakai dalam judul video di atas, sungguh sempurna menggambarkan impresi padamnya semangat mereka sekarang. :?)