Wednesday, October 6, 2010

Paten Ilmuwan Pemenang Nobel






CC, Andre Geim,
Pemenang Nobel 2010
(Klik foto untuk melihat profil
Andre Geim di Wikipedia)
Ada banyak cara orang terlibat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan tak selalu melalui proses belajar di sekolah. Ada yang dengan cara membuat perpustakaan keliling, menjadi administrator atau pekerja tata usaha, pengamat kebijakan publik, dan lain sebagainya.

Ada ilmuwan yang tak memiliki pendidikan tinggi. Michael Faraday, misalnya, yang sangat berjasa mengembangkan elektromagnetisme dan elektrokimia. Sebetulnya, Faraday hanya seorang pesuruh, yang dipaksa bekerja sebagai pembantu karena memiliki status sosial rendah.

Namun, orang yang menempuh pendidikan formal akan bisa lebih mengendalikan keterlibatan mereka dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Lewat jenjang sekolah hingga doktoral dan pasca doktoral, seseorang akan lebih mudah melakukan riset secara langsung, dan membuat ilmu pengetahuan lebih bermanfaat.

Hadiah Nobel adalah penghargaan yang diberikan bagi para periset yang dianggap paling berjasa dalam penelitiannya. Hadiah ini adalah wasiat dari Alfred Nobel, ilmuwan dan pengusaha yang mendapatkan kekayaan berkat paten atau hak khusus untuk mengelola temuannya, dinamit.

Para ilmuwan memang sangat berjasa dalam membuat lapangan kerja baru. Seperti Alfred Nobel, banyak ilmuwan yang sudah meraih Nobel juga memiliki hak paten.

Paul C. Lauterbur, misalnya, pemenang Nobel 2003, memiliki hak paten pencitraan MRI yang banyak dipergunakan dalam visualisasi medis canggih. Ada banyak ilmuwan pemenang Nobel lainnya yang memiliki hak paten untuk temuan-temuan mereka (lihat di sini untuk bidang elektronika).

Paten adalah lambang daya sumbang perbaikan ekonomi masyarakat oleh para ilmuwan. Hadiah Nobel, adalah lambang penghargaan terhadap nilai kemanusiaan dari pekerjaan penelitian para ilmuwan.

Ilmuwan bisa meraihnya sekaligus, mendapat paten dan meraih penghargaan untuk satu bidang penelitian. Jack S. Kilby misalnya, memiliki paten dan meraih Nobel atas jasanya mengembangkan electronic circuit, yang memungkin peralatan elektronik bisa sekecil sekarang.

Baru-baru ini, Andre Geim dan Konstantin Novoselov diumumkan berhasil mendapatkan penghargaan Nobel. Mereka dianggap berjasa meneliti grafit, yang sangat akrab dengan kita sebagai bahan utama isi pensil.

Mau jadi ilmuwan? Ilmuwan bisa kaya, memperkaya, dan sangat berjasa bagi kemanusiaan. :?)