Saturday, October 2, 2010

Suara Magis Nyanyian Paus






Klik foto untuk melihat video
"Migaloo the White Whale Speaks"
Paus bukanlah ikan, melainkan mamalia. Penciuman mereka tak setajam hiu, dan pandangan matanya sering tak banyak berguna di kedalaman lautan.

Seperti lumba-lumba, paus mengandalkan suara untuk saling berkomunikasi. Suara yang mereka keluarkan di dalam air, di telinga kita akan terdengar laksana lentunan nyanyian magis.

Migaloo, sang "bintang" pelantun nyanyian paus di video di atas, adalah paus bungkuk albino. Namanya diberikan oleh Tetua Aborigin Australia, diturunkan dari kata migaloo yang berarti teman putih.

Nyanyian Migaloo terdengar sangat misterius namun sekaligus mirip dengan suara hewan daratan, seperti lenguhan sapi atau terompet gajah. Menurut ilmuwan, paus punya lagu khusus sesuai dengan lokasi mereka, yang bunyinya akan berbeda sama sekali antara satu daerah dengan lainnya. Mirip dengan dialek manusia?

Lalu, bagaimana ilmuwan menebak manfaat nyanyian paus? Sebagai sarana mencari jodoh dan komando dalam mencari makan bersama.

Entah bagaimana paus menciptakan bahasa nyanyian mereka. Dan saat menyimak suara paus yang magis, kita akan mendengar pesan bahwa Tuhan memang Maha Pencipta. :?)