Tuesday, October 12, 2010

Sumpah Presiden Soekarno






Semua orang Indonesia sepantasnya melihat video ini, rekaman yang memuat saat Ir. Soekarno mengangkat sumpah menjadi Presiden Republik Indonesia Serikat pada 17 Desember 1949 di Bangsal Sitinggil, Kompleks Keraton Yogyakarta.

Begini bunyi sumpahnya:


    "Saya bersumpah, bahwa saya sekuat tenaga akan menujukan kesejahteraan Republik Indonesia Serikat. Dan bahwa saya, akan melindungi dan mempertahankan kebebasan-kebebasan dan hak-hak, umum dan khusus, sekalian penduduk negara. Dengan setia, akan memenuhi segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan Presiden Republik Indonesia Serikat. Sebagai sepantasnya, sebagai kepala negara yang baik."


Bunyi konstitusi Republik Indonesia Serikat bisa dibaca di sini, sangat menarik untuk disimak. Begini bunyi Pasal 10, yang memiliki jiwa sama dengan sumpah di atas:


    "Tiada seorang pun boleh diperbudak, diperulur atau diperhamba. Perbudakan, perdagangan-budak dan perhambaan dan segala perbuatan berupa apapun jang tudjuannja kepada itu, terlarang."


    Ternyata, generasi kakek nenek kita tak ingin ada keturunannya yang menjadi hamba, apalagi jadi pembantu di luar negeri. Bagaimana dengan kita sendiri sekarang? :?)