Wednesday, September 29, 2010

Bila Ragu Kita Bisa Buat Pesawat Sendiri



Pesawat Terbang Model dari Gabus Buatan Sendiri oleh Paul Thompson.




    Kini, PTDI serius mengkaji kelayakan Program N219. Alasannya adalah fakta di atas serta prakiraan bahwa dalam 15 tahun mendatang Indonesia butuh 250 pesawat jenis ini untuk mengganti pesawat-pesawat sekelas yang menua serta pertumbuhan armada. Dana program pengembangan N219 di bawah 200 juta dollar AS. Fase perancangan, pembuatan prototipe, uji coba, sertifikasi laik terbang, sampai akhirnya punya nilai komersial memerlukan waktu tiga tahun. Dengan perencanaan matang, analisis titik impas bisa tercapai pada penjualan unit ke-200. (Alexander Supelli, "Hilangnya Sebuah Generasi, Kompas, 19 Juni 2010)





Screenshot, Situs PT Dirgantara Indonesia

Litbang Penerbangan Indonesia
Ada Sejak 1914
(Klik gambar untuk melihat situs PT DI)
Almarhum Alexander Supelli pernah melemparkan tulisan berjudul "Hilangnya Sebuah Generasi" (Kompas, Sabtu, 19 Juni 2010). Di artikel itu, Sang Pilot Akrobatik mengungkapkan pengamatannya akan keraguan  sebagian dari kita terhadap kemampuan untuk membangun pesawat secara mandiri.

Kini, bila Anda kembali menemukan pribadi yang ragu terhadap kemampuan kita membangun pesawat, ada cara membalikkan pikirannya: segera ajak saudara tersebut membangun pesawat model yang betul-betul bisa terbang.

Lihat video di atas, sebagai salah satu contoh pesawat model tersebut. Contoh lainnya ada di sini, atau ini.

Jika sang saudara tadi akhirnya bisa menerbangkan pesawat model buatan sendiri, niscaya ia makin berani yakin Indonesia mampu membangun pesawat canggih secara mandiri. Upaya Anda meyakinkan lewat perdebatan, tak akan membuat ia mantap dengan keyakinan bahwa Indonesia bisa memajukan inovasi mandiri.

Ini bukannya sekedar lelucon, namun sesuai dengan hasil riset psikologi yang mengkaji hubungan kemantapan dan pengalaman. Dari sini terlihat kurangnya pengalaman nyata atau langsung -- barangkali karena mengenyam pendidikan di sekolah dengan fasilitas laboratorium minim -- bisa mendorong kita menjadi bimbang untuk mendukung litbang teknologi dan inovasi Indonesia.

Adalah Ben R. Newell dan sekelompok peneliti psikologi mengungkapkan bahwa kemantapan orang menetapkan pilihan sangat ditentukan oleh pengalaman jangka panjangnya sendiri. Di dalam risetnya, ia mengambil empat group relawan yang bertugas mengambil suatu keputusan dalam tenggat waktu berbeda.

Grup-grup ini diminta mengambil suatu keputusan empat cara: seketika, dengan waktu berpikir secukupnya, diberikan waktu merenung, serta berlama-lama mengambil waktu pertimbangan. Sebelum mengambil keputusan, seluruh grup harus melihat sodoran daftar tulisan pertimbangan baik dan pelbagai faktor kurang mendukung, untuk membuyarkan inti permintaan.

Kelompok peneliti ini tak hendak melihat jawaban pilihan benar atau salah. Sebetulnya, Newell sekedar menguji kaitan kualitas kemantapan/keyakinan terhadap suatu pilihan, bila dibanding panjangnya ketersediaan waktu berpikir.

Hasilnya cukup menarik. Newel mendapatkan mereka yang paling lama merenung justru cenderung yang paling sering mengambil keputusan paling berambang, berawuran, tak tentu arah karena bingung demi banyaknya masukkan. Kurangnya pengalaman dari "dalam", makin membuat orang makin gampang bimbang, tak bisa berjalan mantap.

Sebaliknya, orang dengan pengalaman cukup menghadapi masalah yang diajukan, tak gentar dengan sodoroan pertimbangan yang membingungkan. Dari hasil riset ini, Newel mengajak masyarakat untuk melihat bahwa pengalaman pribadi adalah bagian terpenting untuk mampu mengelola segala macam saran.

Tak kenal maka tak sayang. Tanpa pengalaman dengan teknik-rekayasa, orang mudah bimbang dengan ide inovasi.

Jadi, bila Anda menemukan ada yang ragu Indonesia mampu membuat pesawat terbang, maklumi saja bahwa itu tanda saudara/i tersebut memiliki pengalaman pribadi yang lemah dalam eksperimen pengetahuan ilmu alam/bidang teknik di sekolah. Bila Anda menemukan politisi atau pebisnis tak mendukung inovasi mandiri, ketahui saja itu tanda nyata ia sebetulnya kurang pengetahuan.

Kalau suka pengetahuan, kita pasti nyaman dengan ide Indonesia mandiri. :?)



Alexander Supelli (R.I.P. 27 September 2010)





Tuesday, September 28, 2010

Tak Ada Inovasi Pada Laporan Freeport

Screenshot, Situs PTFI
(Klik gambar untuk mengakses situs PTFI)


Di dalam laporan tahunannya, Freeport membanggakan betapa suksesnya operasi mereka di Grasberg, tambang mineral emas-tembaga terbesar di dunia yang berada di Indonesia, menghasilkan prestasi tinggi di atas target dan menghasilkan keuntungan selama bertahun-tahun. Mereka mengatakan:


    We exceeded our production targets for both copper and gold and achieved significant reductions in our cost structure
    Our Grasberg operations in Indonesia, one of the world’s largest and best performing copper and gold mines, once again demonstrated its strength — achieving multiple operating and financial records. (hal 3)


Banyak kegiatan teknik yang Freeport rencanakan di tahun kemuka. Perusahaan ini telah memiliki perjanjian  dengan pemerintah Indonesia sejak 1968, dan kontrak yang ada akan berakhir pada 2021. Masih lewat laporan tahunan Freeport, kita bisa membaca proporsi keuntungan bagi Indonesia sesuai dengan ketentuan kesepakatan pada isi kontrak kerja:


    The copper royalty rate payable by PT Freeport Indonesia under its Contract of Work varies from 1.5% of copper net revenue at a copper price of $0.9 or less per  pound to 3.5 percent at a copper price of $1.10 or more per pound. The Contract of Work royalty rate for gold and silver sales is 1.0%.  (Hal. 92)


Freeport sendiri pada 2009 sendiri sudah mengambil 635.029 kg tembaga Indonesia senilai sekitar Rp. 15T, dan emas sebanyak 70.873,8 kg seharga kurang lebih Rp. 634 milyar. Kalau dihitung secara kasar, kita bisa melihat ketentuan proporsi pembagian tadi, artinya dari eksplorasi tembaga Freeport pada 2009 kita mendapat sekitar Rp. 530 milyar (sangat tak cukup untuk membangun monorail di Jakarta yang perlu dana 6 triliun).


    For 2009, consolidated sales from FCX’s Indonesia operations totaled 1.4 billion pounds of copper at an average realized price of $2.65 per pound and 2.5 million ounces of gold at an average realized price of $994 per ounce. (Hal 9).


    Meskipun sangat aktif, sayangnya, tak seperti perusahaan swasta BYD (China), HTC (Taiwan), apalagi Apple, dan Google, isi laporan Freeport tak penuh dengan gairah terhadap penelitian dan pengembangan teknologi. Kontradiksi dengan laporan Freeport, masing-masing perusahaan tadi mengakui menaruh dana sampai triliunan rupiah pertahun untuk pengembangan inovasi.

    Laporan Freeport sekalipun tak menyebutkan "innovate" atau "innovation", khas semangat zaman sekarang -- bahkan "technology" hanya disebutkan sekali. Bisa dibayangkan bagaimana sebetulnya pengaruh mereka bagi daya inovasi di Indonesia yang tentunya bisa jauh lebih ditingkatkan.

    Mungkin, karena tak perlu kreativitas tinggi untuk menambang... toh tunggal keruk saja? :?)















    Monday, September 27, 2010

    Anggarkan Litbang Rp. 25T, Selamat Ultah Google!

    Berikut adalah video Google Doodle, logo HUT Google ke-12 yang jatuh pada hari ini, 27 September 2010:









    CC, Lukisan Wayne Thiebaud
    Karya Thiebaud Dipergunakan dalam
    Logo HUT Google ke-12
    (Klik gambar untuk melihat
    tentang Thiebaud di Wikipedia)
    Di tengah-tengah kesinisan orang tentang kemampuan perguruan tinggi menjawab tantangan industri, Google adalah bukti bahwa pendidikan formal masih relevan dengan dunia nyata.

    Sebabnya sederhana saja, Larry Page (lahir 1973) dan dan Larry Brin (juga lahir pada 1973) keduanya berpendidikan strata tiga (doktoral). Sebetulnya, hingga akhir 2009, Larry Brin masih berupaya menyelesaikan studi doktoralnya alias sedang cuti.

    Pada 1995, duo tadi membangun usaha dengan konsep serba gratis, Google sepenuhnya mengandalkan iklan-iklan kecil (AdSense) untuk menghidupi perusahaan mereka. Google  memang hidup bukan dari ide-ide korporat besar yang tertutup namun sumbangan pikiran orang banyak. Baru tahun 1998, perusahaan ini resmi berjalan, dengan modal sebesar hanya US$ 100 ribu dari investor Andy Bechtolsheim.

    Pemikiran brilian mereka tampung dengan konsep open source/sumber terbuka, sehingga membuat para insinyur teknik informatika dari seluruh dunia tetap bisa berpartisipasi dalam pembangunan piranti lunak yang mereka kembangkan. Semua ide tersebut ditata semacam arisan programming inovasi, sesuai dengan tema proyek yang Google tentukan.

    Google Chrome dan Android mobile phone adalah dua tema proyek mereka yang sekarang disebut-sebut paling populer. Tengah melebarkan konsep integrasi ke Google TV, mereka baru saja menampung ratusan ribu ide kerja dari seluruh dunia, melalui kegiatan Project 10100.

    Sekiranya pernah melihat isi Aturan Penggunaan, Anda akan mengetahui bahwa segala isi pikiran yang dituangkan oleh pengguna Google akan mereka kumpulkan untuk keperluan mereka sendiri, termasuk menginovasi cara pencarian. Dengan demikian, seluruh cabang proyeknya bisa memberikan layanan iklan yang semakin fleksibel, tepat mengikuti keinginan klien pemasang pariwara.

    Tentu saja Google memiliki unit pengembangnya sendiri. Pada 2009, mereka memperkerjakan 7.443 peneliti dan perekayasa, dan mengeluarkan dana sebesar US$ 2.843.027.000,- atau sekitar Rp. 25.445.091.650.000,- lebih dari Rp. 25 triliun rupiah.

    Kuatnya manajemen dana riset dan keterbukaan, keduanya adalah kunci kekayaan inovasi Google. Selamat Ulang Tahun Google! :?)





    Beranikah Perempuan Datang ke Konferensi Fisika?

    CC, Mileva Marić
    (Klik foto untuk
    melihat catatan
    hidup Mileva di
    Wikipedia)
    Kharisma Einstein telah membuat banyak orang terpesona, ia mencatat sendiri sejumlah tak sedikit perempuan bertekuk lutut karena keflamboyanannya. Termasuk Mileva Marić, istri pertama Einstein.

    Marić memang beruntung, punya kecerdasan luar biasa dan status sosial tinggi. Kala perempuan masih dianggap tak layak sekolah, ia bisa bersekolah di Eidgenössische Technische Hochschule (ETH), tempat pertemuan pertamanya dengan Einstein muda.

    Einstein membawa pengaruh sangat buruk bagi Mileva Marić. Tak hanya nilai-nilainya memburuk, Einstein juga menghamilinya bahkan membiarkan bayi mereka diadopsi.

    Setelah itu mereka akhirnya menikah pada 1903. Biarpun Marić samasekali tak meneruskan karir keilmiahannya demi menjadi ibu rumah tangga, lewat sembilan tahun menikah Einstein tega meninggalkannya tanpa bercerai selama lima tahun.

    Einstein akhirnya menceraikan Marić pada 1919, demi bisa menikah dengan Elsa Einstein, saudara sepupunya sendiri, anak bibi kandungnya (ayah mereka pun juga saudara sepupu). Supaya mau bercerai, Albert Einstein menjanjikan Marić seluruh uang hadiah penghargaan Nobel yang ia yakin akan menangkan -- ia baru bisa menyerahkannya pada 1923.

    Beberapa ahli sejarah menganggap bahwa tindakan Einstein menyerahkan uang tersebut tak lain karena ia merasa bersalah karena sebenarnya Mileva Marić turut membantu menuliskan beberapa karya ilmianya yang paling terkenal. Kedudukan perempuan saat itu masih lemah, tak ada yang mudah percaya Mileva Marić sebetulnya sangat pintar.

    CC, Angela Merkel
    Fisikawan yang Jadi Kanselir Jerman
    (Klik foto untuk melihat
    riwayat Merkel di Wikipedia)
    Seperti Marić, Marie Curie, ilmuwan besar penemu gejala radioaktivitas, juga pernah mengalami diskriminasi karena ia seorang perempuan. Biarpun sudah mendapatkan dua piala Nobel, namun Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis pada 1911 pernah menolak mentah-mentah untuk menerima keanggotannya, karena ia seorang perempuan.

    Lewat hampir seratus tahun dari era Marić dan Curie, jumlah perempuan fisikawan masih sedikit meskipun kompetisi inovasi antar negara yang telah semakin ketat makin menambah tuntutan partisipasi mereka di dalam pembangunan. Survei IUPAC, lembaga fisika dunia, di tahun 2002, memperlihatkan bahwa beratnya karir menjadi fisikawan membuat perempuan memerlukan dukungan ekstra dari keluarga, sebetulnya tak jauh seperti Marić dan Curie dahulu.

    Tanggal 06 November 2010 mendatang, Departemen Fisika UI dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), akan mengadakan konferensi fisika yang berjudul Theoretical "Aspects of Small to Large Scale World". Acara ini sendiri punya tujuan menarik para fisikawan untuk bertemu dan saling mengabarkan tentang hasil kerja mereka.

    Perempuan adalah tiang negara yang sejarahnya jelas tak selalu mendapat perlakuan menyenangkan. Seandainya mereka melihat perjuangan para pendahulunya, beranikah para perempuan maju ke pentas dunia, dimulai dengan hadir pada konferensi yang diadakan di negerinya sendiri? You'll be the judge. :?)







    Marie Curie from NowYouKnowAbout on Vimeo.


    Seorang anak perempuan ditanya siapa ilmuwan favoritnya, dan ia menjawab "Marie Curie".
    Mengapa? "Karena ...Dia adalah ilmuwan pertama yang mendapat dua Penghargaan Nobel ...karena berjasa menemukan radium."





    Sunday, September 26, 2010

    Google dalam Bahasa Bork, Bork, Bork!

    Selain dalam Bahasa Indonesia, Google menawarkan pengaturan pencarian dalam Bahasa Bork. Mudah-mudahan Anda tak cepat merasa bersalah jika tak pernah mendengar Bahasa Bork sebelumnya.

    Bork adalah bahasa yang hanya ada dalam fiksi. Sengaja dibuat dalam sebuah program TV legendaris asal Inggris, the Muppet Show, acara pendidikan anak penuh parodi yang melahirkan karakter terkenal Kermit Sang Katak.

    CC, The Chef dalam Musium
    (Klik foto untuk melihat
    laman aslinya)
    Bahasa Bork memang plesetan dari Bahasa Inggris, menghidupkan karakter boneka sang Juru Masak yang berasal dari Swedia. Kalau bicara, Juru Masak terdengar hanya seperti seorang sedang kumur-kumur mengucapan kalimat dalam Bahasa Inggris (fonetik), namun yang terdengar cuma "bork, bork, bork!". Ini karena logat Swedia-nya.

    Si Juru Masak gemar mengambil menu masakan hewani, namun tak pernah sekalipun sukses mengolah satu jenis masakan pun. Katak-- kebetulan dia adalah kemenakan Kermit, burung kalkun, bahkan Big Bird. Semua melawan saat hendak dimasak atau malah membuat hati Juru Masak luluh.

    Di video berikut, sang Juru Masak lagi-lagi gagal waktu mencoba mengolah jagung berondong dan udang. Di akhir tayangan, dua tokoh kakek mencoba menuliskan transkip fenotik perkataanya.

    Rupanya para insinyur Google sangat terkesan dengan bahasa Bork yang mereka tonton di acara Muppet Show waktu kecil dulu. Buktinya, mereka menciptakan pengaturan dalam bahasa aneh itu.

    Apa yang terjadi kalau para insinyur TI suka dengan Si Unyil, ya? :?)












    Vortex, Inovasi UKM Mesin ATM di Daerah Pedalaman

    Screenshot, Situs Vortex
    (Klik gambar untuk mengakses situs Vortex)


    Menurut Bank Indonesia, tidak banyak jumlah Anjungan Tunai Pribadi (ATM) milik Bank Pemerintah Daerah , hanya sekitar 412 (2006). Bisa dibayangkan, betapa sulitnya akses perbankan bagi saudara dan saudari kita yang hidup di daerah pedalaman.

    India pun memiliki masalah yang kurang lebih serupa, yaitu membuat lebih dari 742 juta warganya yang tinggal di daerah pedalaman bisa menikmati ATM. Syukurlah, Vortex melihat besarnya potensi pasar mesin ATM berupaya membuka bisnis pembuatan perangkat perbankan tersebut.

    Klik gambar
    untuk mengunduh
    spesifikasi teknik
    Gramateller 
    Vortex adalah perusahaan yang didirikan oleh para cendikiawan Institut Teknologi India Madras (Indian Institute of Technology Madras/IITM). Mereka mengantongi 6 (enam) paten sekaligus ide desain luks untuk meningkatkan semangat grup perbankan yang bertindak sebagai konsumen.

    Inovasi Vortex membuatnya tak bisa disaingi produsen mesin ATM dari luar negeri. Mereka meneliti produk asing dan mengembangkan ulang sistem piranti lunak dan keras agar bisa membuat mesin ATM yang lebih murah dan hemat energi, lagi tahan cuaca panas, hingga sesuai dengan kondisi di daerah terpencil.

    Sebagai perusahaan berkelas Usaha Kecil Menengah (UKM), modal usaha Vortex hanya sekitar Rp. 198 juta saja, didapatkan dari dua perusahaan penanam modal setempat. Para pendiri Vortex menghabiskan energi terbanyak untuk membangun teknologi baru saluran lembar uang, yang merupakan inti dari mesin ATM.

    Mesin ATM Vortex dijual dengan nama komersil Gramateller. Menggunakan Open Source Software (OSS) dan pembangkit listrik tenaga surya, harga per unit Gramateller diumukan dibandrol sekitar Rp. 34 juta saja.

    Berkat jasanya bagi masyarakat , Vortex berhasil menjadi perusahaan yang diakui kiprahnya oleh The World Economic Forum (WEF). Organisasi ekonomi kelas duni ini memberi Vortex penghargaan Pionir Teknologi 2011, kategori Teknologi Informasi dan Media Baru.

    Telah puluhan tahun kita dan India masing-masing meraih kemerdekaannya. Seperti India, kita wajib berpikir bahwa hal sederhana seperti ATM, tak patut jadi kendala lagi bagi masyarakat di seluruh penjuru negeri.

    Berikut rekaman wawancara dengan Vijay Babu pimpinan Vortex:





    Vijay Babu merasa yakin bahwa inovasi adalah langkah terbaik 
    untuk melayani masyarakat kelas paling bawah.
    Vijay Babu juga percaya, mesin ATM ini juga memiliki nilai positif lingkungan,
    karena menggunakan pembangkit listrik tenaga surya.


     :?)




    Saturday, September 25, 2010

    Dipantau Pemerintah AS, Adobe Perbaharui Keamanan Flash

    Screenshot, Informasi Pembaharuan Keamanan Macromedia Flash
    (Klik foto untuk melihat halaman aslinya)


    Anda meng-install Macromedia Flash Viewer bukan? Segera untuk meng-update-nya sekarang karena beberapa hari lalu mereka meluncurkan revisi program untuk menutupi celah masuk bagi penjahat internet.

    Sebetulnya yang perlu di-update tidak hanya flash player, tapi juga Acrobat Reader dan keluarga Adobe lainnya. Menurut pemerintah Amerika Serikat, update tersebut perlu karena produk-produk Adobe tersebut memiliki kerentanan yang memungkinkan seorang menyerang dari jarak jauh, menjalankan kode program tanpa kita ketahui.

    Demi menjaga kontribusi ekonomi industri teknologi informasi, pemerintah Amerika Serikat memang terus-menerus  berinisiatif memantau kualitas produk kelompok pengembang mereka. Tim Kesiapan Darurat Amerika Serikat (United States Computer Emergency Readiness Team), setiap harinya mempublikasikan daftar baru kelemahan bagian-bagian produk TI yang juga turut membantu kesigapan para konsumen di seluruh dunia. Tim ini adalah sub bagian Departemen Keamanan Dalam Negeri AS

    Kalau melihat nilai keuntungan Adobe hingga kuartal III 2010 yang besarnya sekitar hampir delapan triliun rupiah (lihat laporan perusahaan resmi bisa dilihat di sini), tentu membawa arti banyak bagi kondisi perekonomian di sana. Apalagi kalau melihat jumlah keuntungan 100 perusahaan Amerika per tahun 2009, yang besarnya hingga hampir dua ribu triliun rupiah, atau US$ 202.895.000.000.

    Memang, bila pemerintah giat melindungi, semua masyarakat pasti diuntungkan. :?)





    Friday, September 24, 2010

    (Video) Protes Kekejaman Hewan, Gadis 17 Tahun Dilaso dan Diseret Kuda

    Biarpun terlihat mengejutkan, tanpa membaca teks judul artikel di atas, belum tentu Anda tertarik waktu menonton video tersebut. Youtube menampilkan contoh gambar adegan video ini dengan hanya berisikan pemandangan sekumpulan pengendara kuda di sebuah lapangan.

    CC, Youtube: Kumpulan Video Tak Menarik Tanpa Teks
    Software Theo Gevers Bisa "Menonton" Video
    (Klik gambar untuk melihatnya di situs youtube)
    Itulah sebabnya Theo Gevers dari Universitas Amsterdam mendapat banyak kredit atas upayanya mengembangkan piranti lunak untuk memungkinkan orang mencari informasi dari kumpulan video yang tak memiliki keterangan teks.

    Berkat riset Theo, tidak lama lagi orang bisa seenaknya mencari suatu video yang menampung gambar tertentu. Semua dilakukan secara otomatis tanpa perlu mengecek keterangan manual video yang belum tentu memuat informasi secara detil. Piranti lunak Theo "menonton" gambar dan mencatat segala keterangan secara otomatis.

    Kemungkinannya, orang juga tak lagi bisa menyangkal kalau ia menyimpan suatu video terlarang. Karena software Theo bisa melihatnya.

    Kembali ke video di bawah. Gadis tersebut memprotes kekejaman ajang rodeo di Chile, pada 19 September 2010. Ia malah mendapat perlakuan seperti binatang, karena dilaso dan diseret oleh pengendara kuda oleh para cowboy yang ada di lapangan.

    Gadis berusia 17 tahun itu bernama Constance, ia mengatakan kepada stasiun televisi bahwa pengalaman tersebut adalah salah satu yang paling traumatis dalam hidupnya. Beritanya dimuat di situs Chile, www.emol.com (baca dalam bahasa Indonesia).











    "Transfer Kepribadian Spontan", Tukang Tuduh Bakal Dituduh

    CC. Hobi Nuduh? Tuduh yang Baik Aja
    (Tangan, www.larryodean.com, Wajah, www.uni-regensburg.de)


    Prof. DR. John J. Skowronski punya penelitian unik. Ia mengungkapkan fenomena penggosip yang sering malah mendapat tuduhan berbalik. Penggunjing tak jarang malah mendapat impresi sebagai pelaku perkara buruk yang sesungguhnya: dia akan dianggap punya kelakuan tak ubahnya seperti si korban rumornya.

    Ini misalnya terjadi pada politikus yang menggembar-gemborkan isu buruk bagi lawan politiknya di televisi. Hampir pasti, si politikus tadi justru akan mendapat cibiran sebagai orang munafik dari masyarakat luas -- publik akan menganggap ia sebetulnya punya kelakukan sama buruknya.

    Fenomena ini juga yang menjadi penyebab seringnya artis, pengacara, atau figur terkenal gagal merebut hati masyarakat kala mengadakan jumpa pers bila hanya untuk menuding orang lain pada satu perkara. Masyarakat tidak akan cepat bersimpati, sebaliknya akan menaruh curiga bahwa seleb tersebut sebetulnya sebagai pribadi setali tiga uang, sama buruknya.

    Dari hasil penelitian mereka, Prof. Skowronski dan rekan-rekan sesama periset psikologi, melaporkan menemukan fenomena psikologis unik yang dinamakan Transfer Kepribadian Spontan. Tim peneliti itu menyimpulkan bahwa lepas dari benar atau salahnya isi suatu cerita yang sedang dibicarakan, para pendengar berita miring secara tak sadar akan beralih melekatkan kepribadian buruk "pelaku sesungguhnya" sebagai bagian kepribadian sumber gosip itu sendiri.

    Makin sering gosip miring itu diulang, makin cepat kecurigaan itu muncul. Ini namanya senjata makan tuan buat yang suka bergunjing.

    Fenomena temuan Prof. Skowronski ini menyiratkan suatu saran penting. Bila seseorang gemar membicarakan hal-hal baik tentang orang lain, maka pendengarnya bisa menaruh impresi bahwa ia pun sebetulnya punya kualitas kebaikan yang ia bicarakan.

    Ayo, obrolkan kepintaran, ketangguhan, keramahan, ketegasan, kerapihan, keterampilan, kesetiaan, kesabaran, segala kemampuan positif orang lain. Buat apa sebar rumor kalau cuma bakal terima gosip?





    Thursday, September 23, 2010

    Texai, Mesin Pengendali Kehadiran Jarak Jauh

    Youtube, Texai Montange
    (Klik gambar untuk melihat videonya)

    Tak jauh dari sekarang, biarpun bekerja dari rumah kita masih bisa jalan sambil mengobrol dengan teman kerja atau berinteraksi dengan rekan secara fisik di kantor.
    Ini berkat Texai, kendali fisik jarak jauh yang sedang disempurnakan oleh Willow Garage.

    Texai bukan robot, mesin yang bekerja secara otomatis. Sebaliknya, alat ini sepenuhnya dikendalikan seorang pengguna dari jarak jauh agar alat itu menjadi "wajah",  "suara", dan "telinga" bagi dirinya.

    Lewat mikrofon dan kamera, si pengendali dari kejauhan dapat secara langsung mendengar dan melihat keadaan di sekitar Texai, sehingga dia pun merasa seolah sedang berada di ruangan tersebut. Berkat Texai, orang lain bisa tetap merasakan kehadiran temannya secara fisik, biarpun sebetulnya satu sama lain sedang berjauhan.

    Tak harus membayar untuk membeli Texai, karena Willow Garage membagikan panduan pembuatannya secara gratis. Anda dipersilahkan membuat alat ini secara mandiri.

    Alat ini tengah diujicobakan di perusahaan Mozilla yang berada di California, Amerika Serikat. Simak saja video ini untuk melihat bagaimana Texai membantu pegawai Mozilla bekerja dari jarak jauh. :?)











    Wednesday, September 22, 2010

    Begini Kejadiannya Worm Twitter Terjadi...

    Terciptanya worm Twitter yang baru saja menyebar ke seluruh dunia, ternyata terjadi secara estafet. Para pelakunya ternyata tinggal terpencar di berbagai belahan dunia. Begini ceritanya:

    14 Agustus 2010.
    Masato Kinugawa yang bekerja sebagai pengembang program komputer di Jepang tak sengaja melihat kelemahan Twitter, pada pengaturan XSS-nya.

    01 September 2010
    Kinugawa men-tweet kekesalannya karena tak digubris Twitter.

    Screenshot, Laman Twitter Masato Kinugawa  dari Jepang
    (Klik gambar untuk melihat kekesalan Kinugawa)


    14 September 2010
    Masih tidak diacuhkan, Kinugawa membuat akun "rainbowtwtr" yang mengekspos kelemahan XSS tadi sehingga satu teks di Tweeter bisa menjadi pranala (hyperlink) liar, menjadi worm. Dari belahan Eropa Utara, rupanya Magnus Holm memperhatikan tingkahlaku Kinugawa.


    21 September 2010
    Magnus Holm meniru Kinugawa yang iseng dengan XSS, dan akhirnya terciptalah worm itu. Waktu itu, ia sempat men-tweet, "ah... ini sih gak bakalan nyebar. Orang tinggal hapus saja :(".

    Sebentar saja, Holm melihat worm sudah menyebar secara tak terkendali. Dia pun mulai ketakutan.


    Screenshot, Laman Twitter Magnus Holm dari Eropa Utara
    (Klik gambar untuk melihat apa yang Holm lakukan dengan XSS)



    Ternyata, di jauh di belahan selatan, Pearce H. Delphin yang tinggal di Australia juga sadar dengan kelemahan Twitter, lantar ia juga melakukan keisengan Magnus Holm dengan XSS. Hackers menangkap ide dari Delphin, dan menyalahgunakan kelemahan Twitter.

    Worm meledak, Pearce pun (merasa) terkenal, biarpun akhirnya ia juga menyesal.


    Screenshot, Laman Twitter Pearce Delphin dari Australia
    (Klik gambar untuk melihat ekspresi "penyesalan" Delphin)




    Bonobos Sukses Taklukkan Bisnis Pakaian Pria

    Screenshot, www.bonobos.com
    Waktu Akses 22 September 2010


    Sama seperti kita semua, Andy Dunn (31 tahun) tidak suka pakaian murahan, malah sebetulnya dia adalah seorang pencinta fashion biarpun kelas amatiran, Bersama seorang rekan bisnis dia merancang baju pria dan membuka sebuah toko pakaian.

    Celana panjang, kaos, jaket, ikat pinggang, sepatu, kemeja, baju, dan asesoris, bisa dicoba, tapi tak bisa dikenakan di toko. Bonobos, yang Andy Dunn dirikan, memang hanya memiliki toko virtual.

    Ide gilanya, Bonobos sengaja berani menanggung biaya kirim dan menjanjikan garansi seumur hidup. Ide jeniusnya, ternyata pria lebih senang belanja on-line karena malas terlalu lama berdiri di mall.

    Mengandalkan hampir seutuhnya promosi mulut ke mulut, Bonobos rajin memberikan diskon dan bonus sehingga para Bapak senang saja bercerita pengalaman asyik belanja di "toko" itu. Apalagi, barang-barang yang dijual Bonobos memang modis dan tak selalu patuh pada aturan konservatif (maklum, perancangnya sebetulnya amatiran).

    Keuntungan kotor Bonobos saat ini sudah mencapai nilai $4,9 juta, ini adalah prestasi gemilang mengingat sekarang banyak orang Amerika jatuh dalam kemiskinan. Dengan nilai keuntungan sebesar itu, barangkali kita tak usah tak heran bahwa Bonobos pun sukses meyakinkan banyak pria untuk memakai celana pendek merah jambu.

    Mau dengar bagaimana pendapat Andy Dunn tentang bisnis? Silahkan saja tonton sendiri:










    :?)




    Inovator Asia Kelas Dunia: BYD China Luncurkan Bus Bebas Emisi

    CC, BYD F3DM - Mobil Plug-in Hybrid Pertama di Dunia
    (Klik foto untuk melihat lebih jauh tentang mobil ini di Wikipedia)


    Berkat kekuatan marketing, orang gampang menyangka kalau Jepang adalah produsen mobil hybrid pertama di dunia. Sebetulnya, negara yang pantas menyandang status pionir tersebut adalah China, tepatnya lewat mobil BYD, type F3DM.

    Menurut catatan Wikipedia, biarpun sudah memperkenalkan ke dunia internasional dan telah memproduksi massal, BYD memang tak lantas menjual mobilnya secara umum. Barangkali sebagai bagian strategi menguatkan daya produksi dan cadangan finansial, mereka menjual mobil hybrid itu pertama-tama ke badan-badan pemerintah dan swasta China terlebih dahulu, sebelum akhirnya melempar F3DM ke pasar pada Maret 2010.

    Tak lama lagi, BYD akan kembali memperkenalkan bus listrik yang tak menghasilkan emisi polutan. Tepatnya, perkenalan perdana akan mengambil momen "China (Changsha) Technology Seminar", yang diadakan pada 11-12 Oktober 2010.

    product.cheshi.com, BYD K9
    (Klik foto untuk melihat di halaman sumber)
    Dinamakan BYD K9, bus ini dapat melaju hingga sejauh 300 kilometer dengan daya penuh, dan hebatnya juga mampu menghemat biaya 15% dibanding bus diesel. Dengan panjang 12 meter berbobot 12 ton, bus listrik ini tengah mengalami penyempurnaan di pabrik BYD di kota Changsa, Provinsi Hunan, China Selatan.

    BYD punya catatan lain. Mereka baru-baru ini melesat masuk ke jajaran 8 besar perusahaan paling inovatif di dunia di daftar 50 Perusahaan Paling Inovatif Dunia 2010 yang dilansir oleh BusinessWeek.

    Spesialisasi BYD memang ada pada teknologi baterai. Perusahaan ini mencatat kembali modal (stock return) hingga 99%, dan penanjakkan keuntungan sebesar 42%. Kalau melihat besarnya dukungan pemerintah di sana pada proses pematangan produksi dan penjualan mobil F3DM tadi, rasanya tak heran melihat BYD China melejit.

    Keseriusan BYD mengembangkan inovasi terbukti jelas pada laporan investornya yang bisa diunduh umum (lihat di sini, PDF). Mereka membukukan anggaran litbang pertahun 2009 sebesar RMB 1.283.316.000,00 atau sekitar Rp. 1.7 triliun rupiah. Jumlah yang fantastis.

    Akhir Juli lalu, Wapres Boediono dikabarkan kagum dengan teknologi mobil hybrid, demi mendapat jawaban atas pertanyaannya mengenai apa yang bisa dilakukan pelaku industri otomotif berkaitan dengan teknologi ramah lingkungan. Rasanya, beliau harus meniru langkah pemerintah China yang ternyata berani menuangkan Rp. 520 milyar pertahun untuk mendukung inovasi BYD-China. :?) 






    Twitter Kelola Kekayaan Terbesar Indonesia

    Screenshot, Kebijakan Privasi Twitter (Akses 21 September 2010)
    (Klik gambar untuk membuka pranala)


    Selain kekayaan alam, kekuatan terbesar Indonesia ada di sejumlah 237.556.363 isi kepala penduduknya. Dan Twitter, sedang menambangnya secara besar-besaran, setiap hari.

    Akun Twitter di Indonesia adalah sekitar seperlima dari seluruh pengguna internet di negeri ini. Kalau membaca Kebijakan Privasi, maka Anda akan melihat bagaimana Twitter mengakui mencatat semua ide dalam tweets jutaan orang Indonesia tersebut, melalui paragraf ini:

      "Data Log: Server kami secara otomatis merekam informasi ("Data Log") yang dibuat dengan penggunaan Layanan. Data Log mungkin mencakup informasi seperti alamat IP, jenis peramban, domain perujuk, laman yang dikunjungi, dan istilah penelusuran. Tindakan lainnya, seperti interaksi dengan iklan, mungkin juga dicakup dalam Data Log".

    "Istilah penelusuran" maksudnya adalah isi tweet Anda. Dengan data-data tadi, Twitter dapat terus-menerus mereviu isi pikiran setiap penggunanya yang di-tweet -- seperti tempat makan favorit, tempat yang ingin dikunjungi, atau bahkan opini tentang para penguasa.

    Seluruh informasi yang dikeruk ini sangat berharga, karena isinya acapkali dibagikan hanya kepada teman dan sahabat. Bayangkan, betapa sulitnya mengumpulkan pendapat dan ide spontan ratusan juta orang sekaligus.

    CC, Evan Williams
    Mahasiswa Dropped-Out
    Pendiri blogger.com dan Tweeter
    (Klik foto untuk membaca tentang Williams
    di Wikipedia)
    Jutaan tweets yang ditimbun oleh Tweeter dapat menjadi rujukan bagi perusahaan atau lembaga-lembaga tertentu untuk menciptakan strategi komunikasi paling tajam dan mengikuti selera massa. Itu sebabnya, kabarnya Google dan Microsoft kabarnya rela membayar Tweeter masing-masing sebesar 15 juta dollar dan 10 juta dollar, karena sebetulnya demi modal tersebut adalah demi mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar lagi.

    Simak juga jenis usaha perusahaan rekanan yang jadi pilihan Tweeter, Converseon. Perusahaan ini berhak mendapat hak akses ke seluruh data tweet. Bisa ditebak, Converson adalah sebuah perusahaan konsultan media yang secara canggih mengkombinasikan teknologi dan keahlian komunikasi konvensional.

    Ide adalah modal paling berharga. Jadi perhatikan untuk jangan men-tweet ide Anda yang paling cemerlang. Karena selain teman, sebetulnya ada orang lain yang sedang mencatat ide Anda. :?)






    BTW: Nilai 237.556.363 tadi adalah jumlah penduduk Indonesia hasil Survei BPS tahun 2010. Lihat datanya di sini (PDF).


    Tuesday, September 21, 2010

    Promosi Kepemimpinan Mahasiswa Harvard Kennedy School

    Perguruan Tinggi biasanya mempromosikan diri dengan fasilitas, tenaga pendidik berkualitas, bahkan janji kemudahan mendapat pekerjaan selepas kelulusan. Layanan yahud, gedung mewah jadi topik promosi perguruan tinggi yang lumrah.

    Tak demikian dengan Harvard Kennedy School, mereka memperlihatkan kualitas dengan menampilkan profil para mahasiswanya untuk memperlihatkan keunggulan kampus ini. Memang, mengenai mashsiswanya Harvard Kennedy School punya kebiasaan bertanya  "...we ask what you can do".

    "Harvard Kennedy School in the World" adalah rangkaian lima cerita video singkat tentang pekerjaan alumni fakultas kebijakan publik. Rangkaian film ini dibuat oleh tiga mahasiswa Kennedy School, untuk mengangkat hasil kerja para alumni di India, Georgia, Serbia, Amerika Serikat, dan Vietnam.

    Salah satunya adalah film berikut ini. Anda akan melihat bahwa film sang alumni yang sekarang tinggal di Viet Nam, adalah seorang yang tidak sekedar pintar, namun ia senantiasa berbicara hal baik tentang masa depan negaranya, berjuang demi keselamatan dan kesejahteraan bangsanya.

    Bukankah kualitas tersebut yang Anda inginkan dari seorang pemimpin publik?














    Lihat juga video alumni Harvard di India, Georgia, Serbia, dan Amerika Serikat. Jika Anda suka dengan Harvard Kennedy School dan berminat mempelajari kebijakan publik, silahkan coba mendaftar karena mereka saat ini tengah membuka kesempatan menerima mahasiswa baru. :?)





    Monday, September 20, 2010

    Dijual Kamera MANUAL Baru

    Sebuah iklan yang baru dilansir, bukan pariwara zaman dahulu, diunggah dua kali pada 18 Agustus 2010. Produknya, kamera manual Vivitar, yang bisa dibeli di sini.

    Bujukan iklan tersebut untuk mengembalikan rasa suka terhadap kamera manual. Katanya:

      "Kamera digital bagus namun hasilnya tetap tersimpan di kamera. Atau, Anda dipaksa duduk di depan komputer untuk bila ingin melihat hasilnya. Manalagi kalau kita ingin mencetak bisa membingungkan dan mahal".











    Kesimpulannya? Bukan masalah benar atau salah, tapi ternyata tak semua ingin membeli inovasi baru. :?)




    Andy Wowor Ajar Disertasi Doktoral Biokimia-nya dengan Tarian

    UPDATE: 02 Oktober 2010. Andy Wowor telah menyelesaikan doktoralnya dari Universitas Negeri Louisiana, dan sekarang sedang menyelesaikan pasca doktoral di Departemen Ilmu Farmasi dan Departemen Molekular serta Biologi Sel, di Universitas Connecticut.

    Pernah terlibat di studi gravitasi mikro pada proyek Komet Vomit, NASA, Andy Wowor selalu mencoba aktif dalam membina hubungan persahabatan Indonesia - Amerika Serikat. Andy Wowor juga gemar mengeksplorasi berbagai sisi artistik, hingga bisa memperkaya dunia penelitian kita [lihat: http://www.youtube.com/user/jbsthoughts].

      

    ***


    Para ilmuwan tahu bahwa prestasi gemilang di perguruan tinggi akhirnya kurang dihargai bila masyarakat umum tak mengerti apa sebetulnya pekerjaan mereka. Tak mengherankan, mereka akan merasa tertantang bila diminta menjelaskan kepada publik awam mengenai pekerjaan ilmiah mereka.

    Rekam tayang lsu.edu,  Andy Wowor
    (Akses 20 September 2010)
    Buktinya, ilmuwan-ilmuwan sosial, biologi, fisika, kimia rela berpikir keras untuk bisa menjelaskan disertasi S3-nya dalam ajang "Dance your Ph.d". Salah satunya pesertanya adalah Andy Wowor, yang sedang menyelesaikan studi doktoral biokimianya.

    Sebelum Anda mencoba mengerti isi disertasi Andy Wowor yang ia ajarkan lewat tarian, lebih baik membaca dahulu tulisan versi ilmiahnya. Setelah itu, baru tonton tarian "ilmiah"-nya, dan silahkan ungkapkan pendapat apakah Anda merasa lebih paham dengan isi disertasi Wowor.

    Atau, barangkali sekarang Anda mulai melihat bahwa kita bisa menikmati biokimia  :)?


      "Studi tentang DNA polimerase penting untuk dilakukan, karena replikasi DNA adalah salah satu proses dasar yang terjadi dalam organisme hidup. DNA polimerase sendiri bertanggung jawab untuk replikasi informasi genetik dalam setiap organisme. DNA polimerase juga digunakan sebagai alat dalam reaksi berantai polimerase (PCR), teknik dalam aplikasi bioteknologi seperti kloning, analisis/penentuan struktur unik DNA, serta deteksi penyakit.
      Untuk penelitian doktoral saya, saya mempelajari struktur selektivitas DNA polimerase menggunakan teknik anisotropi fluoresensi. Memahami pemilihan substrat oleh DNA polimerase I adalah penting agar kita bisa mencirikan keseimbangan antara replikasi DNA, dan mampu memperbaiki enzim secara in-vivo atau dilakukan bukan di luar mahluk hidup.
      Klenow dan Klentaq, fragmen-fragmen besar dari DNA polimerase I pada Escherichia coli (37 ° C) dan Thermus aquaticus (75 ° C), dianggap memiliki kesamaan fungsi homolog karena mereka mempunyai persamaan unit penyusun dan bentuk struktur. Hanya saja Klentaq tidak memiliki unit "fungsional" yang bekerja untuk terus-menerus menjaga kesamaan struktur. 
      Sementara itu, tidak seperti Klentaq, Klenow menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam mengikat DNA ke pt-ds-DNA. Ini menunjukkan bahwa Klenow dan Klentaq membedakan kedua struktur DNA dengan cara berbeda pula. 
      Catatan: Apakah perbedaan antara pencetak struktur atau template antara DNA (pt-DNA) dibanding DNA berujung tumpul (ds-DNA)? Jawabannya, satu untai pt-DNA lebih panjang daripada yang lain, sementara ds-DNA memiliki kedua untai panjang yang sama. 
      Fakta keren: Pada 1885, Theodor Escherich menemukan bakteri mesofilik, Escherichia coli, dalam usus manusia. Arthur Kornberg dan rekan terisolasi DNA polimerase I dari Escherichia coli pada tahun 1955. Brock TD dan Freeze H. menemukan bakteri termofilik, aquaticus Thermus, pada tahun 1969 di sumber air panas di Taman Nasional Yellowstone. DNA polimerase I dari Thermus aquaticus (Taq polimerase) pertama kali diisolasi oleh Chien dan rekan di tahun 1976."

    OK. Sekarang begini cara memahami penjelasan tadi dari sebuah koreografi tari:







    Protein DNA Dance from Andy Wowor.




    Tentu saja  Andy Wowor memberikan catatan untuk mengerti ilustrasi tarian tadi, yaitu sebagai berikut:


      "Interpretasi:
      1. Dua gadis di sisi kiri layar mewakili pt-DNA, sementara dua gadis di sisi kanan layar mewakili ds-DNA. Satu untai pt-DNA lebih panjang daripada yang lain, sementara kedua untai ds-DNA memiliki panjang yang sama. Orang di sebelah kanan memainkan ilmuwan yang mengumpulkan data dengan menggunakan instrumen musik.
      2. Gerakan molekul-molekul DNA terinspirasi oleh teknik tarian "jatuh dan pulih" karya Doris Humphrey. Bersama penari lain, Martha Graham (yang mengembangkan teknik "tekan dan lepas" prinsip), Humphrey menjadi seorang pelopor tari modern yang telah belajar, mengajar, serta melakukan tari / koreografi di Sekolah Tari dan Seni Denishawn.
      3. Bagian I: Interaksi Klenow-DNA. Seorang pria masuk dan menari dengan gadis-gadis di sana. Pria dengan kemeja biru merupakan Klenow polimerase, protein mesofilik. Klenow adalah fragmen besar DNA polimerase I dari Escherichia coli (37 ° C). Kaki kanan orang itu adalah penguji aktif domain Klenow. Klenow dapat membedakan antara pt-ds-DNA dan DNA. Pria itu berinteraksi lebih banyak dengan gadis di sisi kiri daripada dengan gadis di sisi kanan, menggambarkan bahwa Klenow mengikat pt-DNA lebih baik dibanding ds-DNA.
      4. Bagian II: Klentaq-DNA Interaksi. Klenow dan Klentaq dianggap homolog fungsional karena komposisi dan persamaan struktural mereka. Karena Klenow dan Klentaq tampak serupa, pria yang memerankan Klenow dalam Bagian I juga merupakan Klentaq di Bagian II. Sebagai Klentaq polimerase, protein termofilik, pria itu mengenakan kaos merah. Klentaq adalah fragmen besar DNA polimerase I dari Thermus aquaticus  (75 ° C). Tidak seperti Klenow, Klentaq tidak memiliki kemampuan membedakan dengan baik. Klentaq tidak bisa membedakan pt-ds-DNA dari DNA. Pria itu berinteraksi sama dengan gadis-gadis, yang menggambarkan bahwa Klentaq mengikat pt-ds-DNA dan DNA dengan kecenderungan yang sama.
      5. Bagian III: Anisotropi Fluoresensi. Teknik ini adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengukur interaksi protein (induk) dan (DNA anak) dalam penelitian saya. Fluoresensi anisotropi adalah teknik mengukur tingkat jatuh molekul. Sebuah molekul DNA lebih kecil dari kompleks protein-DNA, sehingga DNA dapat bergerak lebih cepat dari kompleks protein-DNA. Setelah ditambahkan protein, dan protein ini berikatan dengan molekul DNA, akhirnya kompleks  protein-DNA yang terbentuk bergerak lebih lambat. Setelah DNA jenuh terhadap protein, akhirnya tidak ada perubahan lebih dalam nilai anisotropi. Di sinilah percobaan dan tarian saya berakhir. (Pertanyaan quiz: Dapatkah Anda melihat fluorofor pada DNA?)
      Science and Art make the People come together! (Terinspirasi oleh lagu "Music"-nya Madonna).
      Saya harap Anda menikmati tayangan ini.
      Terima kasih sudah mau menonton!"

    Andy Wowor mengikuti kompetisi "Dance your Ph.d" yang ketiga (2010). Jika Anda sedang menyelesaikan program doktor, mungkin berminat mengikuti lomba serupa tahun depan? Berani? :?) 


    Sunday, September 19, 2010

    OMG! Jumlah Orang Miskin Amerika Lebih Banyak Dibanding Indonesia

    cia.gov, Data Kemiskinan Indonesia di Situs CIA - Akses 19 September 2010
    (Klik gambar untuk melihat data tersebut di situs CIA)



    Pemerintah Amerika Serikat, CIA World Fact Book, boleh saja hingga hari ini (19 September 2009) tak memperbaharui siaran mereka tentang angka kemiskinan Indonesia yang sebanyak 17.8% -- nilai tersebut adalah fakta tahun 2006. Namun, kita perlu prihatin dengan Amerika Serikat yang sekarang sedang susah dengan kemiskinan yang merajalela di sana.

    CC, Foto Kemiskinan di Amerika (2009)
    (Klik foto untuk melihat sumbernya)
    Situs BPS sendiri mengatakan jumlah masyarakat miskin di Indonesia pada Maret 2009 mencapai 32, 53 juta orang. Dan situs Badan Sensus Amerika Serikat melaporkan bahwa sekarang ada 43,6 juta orang warga mereka yang hidup di dalam cengkraman kemiskinan, bertambah sebanyak 3,7 juta orang dari laporan tahun sebelumnya.

    Lebih dari seperlima anak-anak Amerika sekarang hidup di bawah garis kemiskinan. Kabarnya jumlah total anak miskin Amerika akan merambat terus hingga 2011, dan banyak orang tua menunda pensiun untuk menghindari kondisi ekonomi lebih buruk.

    Kondisi ekonomi yang carut-marut membuat para politikus juga meminta agar kontrak kerja luar negeri ditinjau ulang, termasuk dalam kebiasaan swasta melakukan outsourcing pengembangan teknologi informatika ke India. Inovasi, harus lebih jadi tanggungjawab dalam negeri, dan tak bisa dialirkan ke luar negeri demi alasan ekonomis.

    Yang menarik, pertengahan tahun lalu Joseph Stiglitz  -- salah satu ekonom paling kesohor saat ini -- meminta agar Amerika turut belajar dari kasus Indonesia dan negara berkembang lainnya dalam mengatasi masalah resesi. Yaitu, agar pemerintah tetap membuka banyak keran pembiayaan umum, demi melancarkan proyek-proyek pembangunan untuk meningkatkan denyut ekonomi Amerika yang tengah hampir pingsan.


    (Dari Kakak, www.facebook.com/cantikselamanyaThanks, Kak... and happy birthday!) :?)




    Dari Indonesia, Berkeliling di "Museum 3D" Anne Frank

    annefrank.org, Berkeliling di Museum 3D Anne Frank
    (Klik pada gambar untuk melihat rumah Anne Frank)


    Tak perlu membayar ongkos ke Belanda untuk berkunjung ke Museum Anne Frank. Kita cukup tour lewat situsnya untuk melihat seluk beluk tiga dimensi (3D) rumah si gadis yang bersejarah, jadilah kita sampai di museum Anne Frank meski tak beranjak dari wilayah Indonesia.

    Kisah hidup Anne Frank memang dramatis. Ia adalah seorang perempuan kaum Yahudi yang menulis sebuah buku harian ketika bersembunyi bersama keluarga dan empat temannya di Amsterdam, semasa pendudukan Nazi di Belanda pada Perang Dunia II.

    Secara umum, sebetulnya tidak mudah membuat orang mau datang ke museum. Kalau melihat hitungan Bappenas, orang Indonesia yang mau mengunjungi sepanjang 2006 sampai 2008 malah berkurang sebanyak 8,3%.

    Mengurangi ongkos masuk tak bisa lantas bisa jadi solusi yang baik. Ini misalnya belajar dari upaya pemerintah Inggris menggratiskan tiket masuk, yang hasilnya hanya menyebabkan pengunjung lama datang lebih sering ke museum, tak menambah semangat orang baru datang kesana.

    Di zaman serba kompetisi, satu-satunya cara menarik orang datang ke mesuem adalah dengan upaya kreatif. Dan seluruh promosi kreatif terbaik berawal dari upaya keras untuk mengerti apa keinginan masyarakat tentang museum itu sendiri.

    Dalam Tahun Kunjung Museum 2010 ini, rasanya, kita perlu meniru semangat promosi kreatif museum Anne Frank untuk lebih menguasai perhatian dunia tentang sejarah Indonesia. Termasuk lewat website museum yang mantap. Di Indonesia, ada banyak kok desainer website handal... :?)



    boingboing.net, Museum Showa Kan, Jepang
    Museum Industri Kreatif Jepang, Minim Petugas Namun Tetap Menarik
    (Klik pada gambar untuk melihat liputan tentang Museum Showa Kan)





    Friday, September 17, 2010

    Oprah dan Korea Utara Unjuk Kekuatan Massa

    Hidup di dunia kapitalis maupun komunis, ternyata manusia sama saja. Di Barat, Oprah Winfrey, yang pernah dianggap berjasa melambungkan nama Barack Obama, punya pendekatan sama dengan pemerintah komunis Korea Utara dalam cara menunjukkan kekuatan pengaruhnya: menggerakkan massa untuk menari.

    Katie Cook, instruktur Sekolah Tari Allegro, terpilih menjadi pemimpin bagi 21.000 orang yang menari bersama di acara Oprah Winfrey Show. Penggalangan massa untuk menari bersama biasanya dikerjakan oleh negara, sering dilakukan oleh Korea Utara, dengan gaya menari yang jauh lebih elegan.

    Bandingkan energi massa Oprah dan rakyat Korea Utara:







    Group Dance to Black Eyed Peas "I Gotta Feeling" on Oprah Show in Chicago on Michigan Avenue from spudart.











    Lahir dari keluarga miskin, Oprah yang ambisius terpilih sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia tahun 2010 oleh Majalah Time. Kata majalah ini tentang Oprah:

      Tidak setara dengan engkau dalam sejarah media. Engkau tidak hanya hot; Engkau keren: Seorang perempuan yang didamkan oleh jutaan perempuan muda ambisius yang berhasil engkau pengaruhi. Anda adalah seorang perempuan yang bisa ditemukan sekali dalam seabad. Saya salut kepada Anda!.




    Korek Kamera Pengintai Sekali Pakai, Inovasi Aneh

    gadget.brando.com, Korek Beramera Perekam Pengintai Sekali Pakai
    Product Code: GGSPY011500
    (Klik gambar untuk melihat di halaman sumber)


    Inovasi intinya membuat sesuatu lebih berguna. Biar kelihatan aneh, namun produk inovasi laku karena orang merasa senang memanfaatkan fungsinya yang lebih baik.

    Perusahaan niaga asal Hongkong, gadget.brando.com, menjual berbagai perkakas yang kelihatan konyol meskipun inovatif. Salah satunya, "Korek Beramera Perekam Pengintai Sekali Pakai".

    Alat ini bukan hanya aneh, tapi juga punya spesifikasi fungsi kerja yang jelas menunjukkan ia adalah produk serius. Lihat spesifikasinya:

      Fungsi: 
    • Korek Beramera Perekam Pengintai Sekali Pakai (Disposable Lighter Camera Spy Camcorder)
    • Fungsi video dan kamera biasa
    • Kontrol kamera dan perekam video tidak memerlukan driver (Plug-and-Play).
      Dimensi: 
    • 8,0 x 2,2 x 1,0 cm 
      Spesifikasi: 
    • Lensa lubang jarum 
    • Resolusi Gambar: 1280 x 1024 pixel 
    • Warna Video Resolusi: 720 x 480 pixel 
    • FPS: 30 frame per-detik 
    • Format file gambar: JPEG 
    • Video format file: AVI (MJPG) 
    • Video berwarna dan juga merekam audi
    • Rechargeable Li-ion battery 
    • Kartu memori: Support Micro SD Card/ SDHC / Kartu TF 
      • Paket Termasuk: 
      • 1 buah Disposable Lighter Camera Spy Camcorder

      Wow! Ternyata korek pengintainya hanya tambahan. Tidak hanya korek, namun mereka jual banyak barang aneh namun inovatif. Termasuk penunjuk laser yang layak dikoleksi ini...



      gadget.brando.com, Laser Pointer dengan Jam
      Product Code: GGLAS000300
      (Klik gambar untuk melihat di halaman sumber)



      Inovasi adalah membuat segala sesuatu lebih baik. Meskipun kelihatannya aneh, tapi tetap komersil.





      Thursday, September 16, 2010

      Seni Bersimpangan Matematika

      Sukardjono (Universitas Terbuka - 2007) mengatakan bahwa ribuan tahun lalu, manusia menyukai matematika karena  bergelut dengan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari. Untuk keperluan dalam perdagangan, pengukuran, survei, dan astronomi.

      Suatu kelompok pengembangan analisis numerik matriks jarang dari Universitas Florida punya koleksi lebih dari 2300 grafis mengagumkan, semuanya menabrakkan sains matematika dan seni. Kalau Anda berminat ikut mencintai seni lewat kacamata grafik, mereka meninggalkan langkah-langkah pranala (hyperlink) untuk mengikuti jejak di situs mereka.

      Kalau melihat pendapat Sukardjono tadi, apa sebetulnya keperluan praktis dari matriks jarang ini ya? :?)



      Flickr, Keindahan Matematika dengan Matriks Jarang
      (Klik untuk melihat berbagai keindahan matematika lainnya)




      (Video) Akuakultur di Aceh, Memanfaatkan itu Melestarikan

      Anda tak perlu untuk jadi mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT) untuk merasakan betapa bijaksananya ide akuakultur bagi kesinambungan daya tahan lingkungan. Eksploitasi sumber pangan akan menyebabkan sumber daya alam laut kritis, dan akuakultur (kurang lebih artinya budidaya fauna dan flora laut) nampaknya adalah satu-satunya solusi supaya anak cucu mendatang bisa menikmati sea food.

      Indonesia sebetulnya sudah lama akrab dengan akuakultur. Tidak hanya karena Institut Teknologi Pertanian (IPB) Bogor punya program S2 Akuakultur, namun ternyata pemerintah kita menyiapkan 100.000 ha lahan akuakultur sejak hitungan tahun 1949. Kabar bagusnya, Indonesia masih merupakan produsen akuakultur nomor lima terbesar di dunia.

      Video "Aquaculture in Aceh" ini bagus untuk melihat satu hal terpenting tentang akuakultur. Yaitu memanfaatkan lingkungan ternyata bisa sama artinya dengan melestarikan alam.






      Aquaculture in Aceh from trocaire learning.





      Prinsip Einstein Salah?

      (nasaimages.org, CC) ESO Very Large Telescope (VLT)
      atau Teleskop Sangat Bear ESO

      Sekelompok tim astrofisika Australia dan Inggris menemukan bahwa suatu konstanta elektromagnetik, yang biasa disebut "alpha", memiliki nilai tidak konstan. Klaim yang bisa bernilai kontroversial tersebut mereka keluarkan berdasarkan pengamatan 300 galaksi melalui fasilitas Teleskop Sangat Besar ESO di utara Chile dan Observatorium Keck di Hawaii.

      Potensi implikasi dari temuan variasi konstanta (yang tidak seharusnya beragam) ini adalah orang nantinya harus mengubah pandangan tentang fisika. Einstein pernah mengatakan suatu pendapat kesohor bahwa hukum fisika di mana-mana sama.

      Pendapat tim astrofisika tadi sebetulnya berpotensi menjawab misteri mengenai awal-mula kehidupan di planet Bumi. Ini bermula dari pendapat mereka yang mengatakan bahwa perbedaan-perbedaan nilai yang ditemukan ternyata punya pola nilai keteraturan tertentu.

      Keteraturan tersebut sedemikian rupa bisa menunjukkan bahwa planet Bumi kebetulan berada di mana besaran alpha ternyata cukup membuat galaksi mengalami reaksi karbon. Reaksi inilah yang mengizinkan kehidupan biologis bisa berlangsung.

      Karya tulis mengenai pengamatan temuan perbedaan nilai alpha tersebut saat ini sedang dikaji untuk diterbitkan Physical Review Letters, jurnal ilmiah terbitan Asosiasi Fisikawan Amerika. Tanggal pengirimannya adalah 23 Agustus 2010.

      Ilmuwan-ilmuwan ini cukup berani untuk melakukan bantahan terhadap tokoh ilmuwan sebesar Einstein. Semua bisa dilakukan, selama kita punya cukup data untuk diintepretasi dan kemampuan analisis yang memadai. :?)




      Wednesday, September 15, 2010

      Google TV dan Apple TV, Dua Masa Depan TV?

      Pada dasarnya, keduanya adalah perpaduan kenyamanan TV dan ketangguhan teknologi internet yang kita cintai. Google TV dan Apple TV sama-sama semakin jelas menggeser kebebasan penyedia konten untuk memonopoli tayangan dalam satu saluran.

      Keduanya disediakan sebagai piranti tambahan semacam dekoder sebagai bagian yang bisa disambungkan dengan televisi. Google TV berniat untuk bisa menjualnya sebagai bagian terintegrasi dengan TV.

      Google TV punya kekuatan khas Google dalam membantu kita mencari -- kali ini adalah tayangan kita cari. Apple TV menyediakan koleksi tayangan dalam perpustakaan mereka, sehingga kita bisa menonton tanpa harus terganggu iklan, tentu dengan membayar biaya tertentu.

      Sekarang masih dalam tahap pengembangan, Google TV rencananya baru akan diluncurkan pada tahun 2011. Para insinyur Indonesia bisa turut mengembangkan aplikasi-aplikasi Google TV, lihat keterangannya di sini.

      Apple TV sudah masuk ke tahap pengembangan kedua. Konsumen Indonesia sudah bisa membeli Apple TV lewat sini.

      Keterbukaan Google bagi publik untuk serta dalam pengembangan teknologi barangkali yang menjadi pembeda terbesar dan mendasar dengan Apple TV. Seperti dunia informatika saat ini, teknologi siaran televisi akan terbagi dua: yang dikembangkan tertutup dan lainnya membuka kontribusi masyarakat.

      Berikut adalah presentasi tentang Google TV:









      Sedangkan Steve Jobs, sang boss Apple, mempresentasikan apa yang dimaksud dengan Apple TV di sini:









       :?)